530 Penenun Ikat Ramaikan Festival di Sumba

10
300

Waingapu — Sebanyak 530 penenun ikat mengikuti festival tenun ikat dilapangan pahlawan Sumba Timur.

Peserta yg mengikuti festival tenun ikat terdiri dari 500 orang penenun dari Kabupaten Sumba Timur, dan 30 orang penenun dari Kabupaten Sumba Barat Daya .

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur, Umbu Maramba Meha dalam laporan panitianya Kamis (12/6/2018) di lapangan pahlawan Sumba Timur.

Menurutnya bahwa kegiatan festival tenun ikat merupakan suatu upaya mengemas produk pariwisata yang berkarakter unik dan universal.

Unik karena kelangkaan yang spesifik dari nilai sehingga menjadi daya tarik tersendiri, sedangkan bersifat universal karena bisa ditampilkan atau dikomunikasikan tidak saja lintas budaya namun juga lintas generasi.

“melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempresentasikan potensi tersebut dengan menampilkan festival tenun ikaf yg mewakili kekayaan budaya Sumba Timur,”katanya.

Maksud diadakan kegiatan tersebut katanya, sebagai ajang promosi potensi pariwisata dan budaya di Kabupaten Sumba Timur, Meningkatkan kerja sama yang lebih berkualitas antar pemerintah, pelaku industri pariwisata serta para pelaku budaya dalam kebersamaan membangun kepariwisataan Sumba Timur serta menjaga serta melestarikam nilai budaya yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Sumba Timur.

Baca Juga :  Setda SBD Terapkan Aplikasi Pengendalian Barang

Bahkan katanya, untuk mendorong serta memicu berkembangnya puncuk-puncuk budaya daerah sehingga memperkaya keragaman daya tarik seni budaya Sumba Timur dalam pentas budaya Nasional, mengembangkan dan memperluas jaringan kerjasama promosi pariwisata dan untuk mengembamgkan dan memperluas diversifikasi produksi dan kualitas pariwisata lokal dengan tetap memperhatikan kelestarian seni dan budaya tradisional. (lya/qi)

Comments

comments