Anggota Komisi IX DPR RI Kunjungi Lokasi Pasar Watukawula

0
283

Tambolaka – Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi Partai Nasdem, Ratu Ngadu B. Wulla, ST bersama Kepala Desa dan aparat Desa Watukawula sambangi lokasi pasar desa yang rencananya akan dibangun menggunakan anggaran dana desa tahun 2020.

Kunjungan Anggota DPR RI itu masih berkaitan dengan masa Reses di Daerah Pemilihan (Dapil) guna menyerap aspirasi masyarakat dan instansi terkait.

Pasar Desa yang rencananya akan dibangun di Desa Watukawula akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan pasar tersebut senilai Rp. 400 juta bersumber dari ADD tahun 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Watukawula Laurensius Todo, saat mendampingi Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi Partai Nasdem, Ibu Ratu Ngadu Bonu Wulla, ST di lokasi pasar desa di Omba Tana Rara, Dusun 4, Rt/Rw:23/11, Desa Watukawula, Kacamata Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, Jumat (20/3/2020).

“Program ini sudah direncanakan dari tahun 2017. Namun karena dananya belum cukup sehingga baru direncanakan tahun ini. Hari ini Ibu DPR berkunjung di lokasi pasar desa bertepatan dengan kami aparat desa Watukawula sedang kerja bakti membersihkan lokasi ini,” ungkap Kades.

Baca Juga :  Kunjungi Perbatasan, Danrem Tegaskan Empat Hal

Berkaitan dengan Peraturan Desa (Perdes) pasar desa ini, kata Renti, dalam beberapa hari kedepannya akan diterbitkan. Rencananya, tambah Renti, lokasi yang berukuran 45 X 115 meter ini akan di bangun lapak sebanyak 24 buah dan dilengkapi fasilitas pendukung lainnya.

“Pasar desa ini akan ditata dengan baik sehingga penggunanya tetap nyaman. Terutama dari segi kebersihan dan keamanannya. Pasar ini akan dibangun lapak sejumlah 24 buah, toilet, toko Bumdes dan pos security. Dan juga kami tidak menutup kemungkinan jika ada masyarakat dari desa lain yang ingin berjualan di pasar ini, tetapi yang paling utama dibangunnya pasar ini untuk masyarakat Desa Watukawula,” katanya.

Renti menambahkan, dirinya juga mendapat bantuan dana dari Pamsimas senilai Rp. 245 juta untuk pengairan air bersih di lokasi pasar dan masyarakat sekitarnya.

Anggota DPR RI, Ratu Ngadu Bonu Wulla, ST mengatakan ini sebuah gebrakan baru yang dilakukan Kepala Desa Watukawula. Kata Ratu, perlu ada dukungan moril maupun materi untuk keberlanjutan pembangunan pasar Desa Watukawula.

Baca Juga :  Pengerjaan Bendungan Temef Masuk Tahap Pengelakan Sungai

“Saya pribadi sangat mendukung program ini. Ini merupakan gebrakan baru yang diambil oleh Kepala Desa. Saya pribadi menunggu proposal dari Kepala Desa untuk pembangunan lebih lanjut pasar ini,” ungkap mantan Ketua TP PKK SBD itu.

Sri Kandi Nasdem NTT itu menyatakan rencana pembangunan pasar desa merupakan sebuah inovasi baru sebab di Sumba Barat Daya baru pertama Desa Watukawula merencanakan pembangunan pasar desa. Ratu mengaku ini merupakan contoh untuk Desa-Desa lainnya membangun pasar di Desanya.

Mantan Wakil Ketua KNPI Mataram ini mengatakan dengan adanya pasar di Desa Watukawula, dirinya berharap akan menambah potensi perekonomian masyarakat dari hasil pertanian maupun dari hasil lainnya.

Sebelum melaju ke lokasi pasar desa bersama masyarakat Desa Watukawula guna melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lokasi pasar, Mantan Aktivis UNRAM itu membagikan trening bagi aparat Desa Watukawula dengan harapan dapat menambah spirit aparat dan masyarakat melanjutkan rencana pembangunan pasar desa. (Alf)

Comments

comments