Angin Kencang Bongkar Puluhan Rumah di Malaka

0
133

Hujan deras disertai dengan angin kencang pada Senin (10/02/2020) sekitar pukul 13:30 telah mengakibatkan rusaknya rumah warga di dua Desa yakni Desa Railor dan Desa Fahiluka Kecamatan Malaka tengah Kabupaten Malaka. Bencana angin kencang ini membongkar puluhan unit rumah warga dan melukai dua orang warga.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur (NTT), Thomas Bangke, Selasa (11/02/2020) di ruang Kerjanya. Ia mengatakan di Desa Railor ada 31 unit rumah yang rusak, sementara Desa Fahiluka 13 unit rumah. Dua orang korban luka-luka. Kalau korban luka-luka ini sudah di tangani oleh BPBB Kabupaten Malaka bekerja sama dengan puskesmas terdekat.

“Hari ini tim BPBD Kabupaten Malaka dan propinsi akan turun kemungkinan kami BPBD NTT akan berangkat jam dua siang dan di perkirakan akan tiba di Malaka sekitar jam 4 sore disitu kami akan melakukan perhitungan kerusakan kita belum bisa mengidentifikasi mana yang rusak berat, rusak ringan, dan rusak sedang karena itu harus di lakukan pengkajian dulu, “katanya.

Baca Juga :  Toast Kenegaraan, MDT : Semoga Menjadi Pelopor Keutuhan Bangsa

Menurutnya, hari juga BPBD Malaka sudah memberikan bantuan tenda dan matras apa bila terjadi pengungsi.

“Saya juga akan bawa tenda gulung kitakan support jadi nanti kita serahkan ke BPBD Kabupaten Malaka tapi ini untuk kebutuhan kalau ada hujan susulan paling tidak rumah-rumah penduduk itu bisa di tutup dengan tenda dulu karena harus dilakukan pendataan dulu perhitungan kerusakan baru di laporkan ke bupati,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bupati yang akan tanggunglanggi itu apakah melalui bantuan langsung ataukah melalui kerjasama dengan masyarakat biasanya begitu jadi dibantu oleh pemerintah setempat melalui bahan lokal sertifikasi seng, kayu di bantu oleh bupati dan masyarakat.(lya)

Comments

comments