BPBD Rote Ndao Lakukan Penanganan dan Langkah Antisipasi Angin Susulan

0
140

KIBLATNTT.COM, BA’A — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rote Ndao langsung melakukan penanganan dan langkah antisipatif terhadap resiko adanya ancaman lanjutan angin puting beliung yang terjadi beberapa waktu lalu di Desa Ngelak, Kecamatan Rote Barat Daya.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus Marthen Luter Saek Sabtu (7/12/2019) di Rumah Jabatan Wakil Bupati Rote Ndao. Ia mengatakan pihaknya langsung memantau kesana, namun karena anginnya cukup kencang, sehingga tidak bisa dekat dan hanya bisa berada pada radius tertentu.

“Beruntungnya kejadian itu di tengah persawahan yang jauh dari jalan raya, dan tidak dekat dengan pemukiman. Hanya ada rumah pondok di sawah yang terkena di bagian atap kemudian ada pos yang dekat jalan dan satu warga yang lagi lewat sempat terkena angin dan batu di kepalanya. Tetapi langsung ditangani dengan dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat, sehingga tidak sampai jatuh korban, “katanya.

Ia menjelaskan, kejadian angin puting beliung itu terjadi kurang lebih 20 menit. Dimana saat itu awan gelap yang berputar di tempat, dan kemudian menghilang.

Baca Juga :  BPJamsostek Sikka Lindungi Pekerja di Pelabuhan Wuring

“Saat ini BPBD Rote Ndao sudah mengeluarkan informasi waspada kejadian alam yang secara tiba-tiba karena ini berpotensi terjadi seperti ini karena terjadi peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan ada terjadi perubahan alam mungkin kondensasi awan yang tentunya hubungan erat dengan alam di darat yang bisa mengakibatkan ada gravitasi dan sebagainya sehingga bisa mengakibatkan terjadinya alam yang extream seperti itu. Ini baru pertama terjadi di Rote Ndao kalau yang biasa guntur, kilat kalau hujan baru biasa terjadi. Seperti ini yang aneh dan baru pertama,” ujarnya.

Sampai sejauh ini, menurutnya belum ada kejadian luar biasa, tetapi tetap saja ada himbauan waspada terhadap kejadian-kejadian susulan karena masih masa peralihan apalagi sampai sekarang sudah ada tanda-tanda hujan, dan juga sudah ada hujan sporadis di sejumlah tempat. Dikhawatirkannya, bisa saja terjadi tidak hanya angin puting beliung atau tornado seperti itu tapi bisa juga terjadi hujan yang extrem dalam jumlah yang banyak sekali dan bisa juga dengan angin yang kencang ini memang sangat waspada dan bisa terjadi tidak hanya di darat tapi bisa juga di laut.

Baca Juga :  Gabungan Pemuda Pelajar Oelbanu Gelar Seminar Sehari

Menurutnya, untuk antisipasi dari pemerintah daerah tentu melalui BPBD Rote Ndao mereka selalu waspada berada di daerah-daerah yang selalu potensi terjadinya bencana jadi seperti di Rote Timur di daerah Lakamola, water fall, Mondekuku itu selalu terjadi bencana sehingga kewaspadaan dini di daerah-daerah tersebut dan juga pemerintah melakukan sosialisasi terus menerus di daerah yang rawan bencana.

“Kalau musim hujan tentu kesehatan, rumah sakit dan puskesmas-puskesmas kita sudah himbau untuk mereka stand by karena peralihan musim hujan begitu bisa terjadi penyakit dan penyakit yang biasa terjadi itu diare dan DBD kalau DBD tentu antisipasinya dengan penyemprotan foging sedangkan diare harus menyediakan obat-obatan untuk segara seperti oralit, “ujarnya.(lya)

Comments

comments