Bupati Markus Komit Dukung Masyarakat Tani

1
742

Tambolaka — Bentuk dukungan Bupati Markus Dairo Talu terhadap masyarakat tani melalui pembentukan kelompok tani (poktan) yang tersebar di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) terus diberikan.

Hal ini dengan dibuktikannya, kehadiran Bupati Markus dalam acara pengukuhan 29 poktan di desa Pada Eweta, Selasa (5/12) dan dilanjutkan pada Rabu (6/12) pengukuhan 24 poktan di desa Kadi Wone Kecamatan Wewewa Timur.

Bupati Markus mengapresiasi semangat juang masyarakat petani di desa Pada Eweta dan Kadi Wone yang telah bekerja keras membantu Pemerintah Daerah menyukseskan program revolusi pertanian.

“Saya sangat mengapresiasi semangat masyarakat mendukung program pemerintah di sektor pertanian lewat pembentukan kelompok tani yang tersebar di pelosok SBD,” ungkap bupati yang akrab disapa MDT itu.

MDT saat menghadiri pengukuhan poktan di desa Kadi Wone

Menurutnya bahwa dengan dikukuhkannya kelompok tani tersebut maka secara sah dan legal, masyarakat tani yang tergabung dalam poktan bisa mengusulkan proposal untuk mendapat bantuan dari pemerintah.

Kadis Ketahanan pangan, holtikultura dan perkebunan, Herman G. Ate mengaku pengukuhan setiap kelompok tani merupakan tanda legal untuk mendapatkan bantuan apapun dari pemda.

Baca Juga :  Menyedihkan, Nenek Paru Baya Tinggal Sebatang Kara Di Gubuk Reot

“Kenapa pemerintah terus mengutamakan kelompok tani, karena sekarang ini bantuan dari pemerintah bukan lagi bersifat pribadi atau suku, melainkan bersifat kelompok yang di dalamnya menjadi kepemilikan bersama anggota kelompok maupun masyarakat,” jelasnya.

Dikatakannya bahwa pengukuhan yang dilaksanakan itu karena telah bertumbuhnya pemahaman, tekad dan satu tujuan masyarakat petani untuk maju bersama mengentaskan kemiskinan.

“Sebagai petani harus memiliki jiwa yang semangat, tekad yang kuat untuk mengolah lahan pertanian. Jangan kita membentuk kelompok hanya untuk mendapatkan alsintan gratis, namun bukti kerja nyata kelompok itu harus ada,” harapnya. (red)

Comments

comments