Dekatkan Sumber Air, Sumba Barat Kerja Sama Dengan Australia

8
737

Waikabubak — Merasa air merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat, Pemkab Sumba Barat melakukan kerjasama dengan Yayasan Surfaid International Incoporated (SII) membangun sarana air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. ‎

Fasilitas air bersih yang dibangun di jalur Matawe Kadoki di dusun 3 Desa Wetana Kecamatan Lamboya Barat, Kabupaten Sumba Barat itu diserahkan langsung oleh CEO surfaid Australia, Andrew Judge yang didampingi Program Manager Hawuna Surfaid Cabang Sumba, Chandra Nurhazanudin Kepada Sekda Umbu Dingu Dedi dalam kegiatan penandatanganan berita acara serah terima fasilitas air bersih dilokasi desa Wetana, Kamis (19/10/2017).‎

Menurut Chandra Nurhazanudin bahwa Yayasan SurfAid International Incorporated merupakan NGO atau lembaga swadaya masyarakat yang didirikan pada tanggal 26 Januari 2000 di New Zealand-Australia berdasarkan Incorporated Societies Act tahun 1908 yang didanai okeh para Surfer (peselancar) dari seluruh dunia. 

‎Dikatakannya bahwa tujuan Yayasan SII sebagai organisasi yang mengutamakan amal nirlaba untuk memberikan bantuan medis dan program pendidikan lainnya kepada masyarakat yang berada di lokasi-lokasi surfing. 

“Kami juga memberikan pelatihan medis kepada operator surfing dan penyedia jasa akomodasi yang berada di sekitar lokasi surfing,” jelasnya.

Sedangkan di Wilayah Sumba, katanya, SurfAid menitikberatkan pelaksanaan program air bersih dan Kesehatan Ibu dan Anak. Dan sarana air bersih yang dibangun tersebut berada di atas pemukiman warga dan tidak diperlukan mesin pompa sehingga mudah untuk diairi ke masyarakat. 

“dan sumber air ini debitnya cukup besar walau musim kemarau,  ini sesuai survei yang sudah dilaksanakan, ” ujarnya. 

Kampanye cuci tangan dengan Sabung oleh Sekda Sumba Barat dan jajaran

Sekretaris Daerah, Umbu Dingu Dedi mengaku senang dan mengapresiasi kepada Yayasan SII, karena dengan adanya fasilitas air bersih yang dibangun itu sekarang masyarakat dapat menikmatinya.  “Air yang su dekat sekarang su mengalir,” katanya sambil bercanda.

Sekda Umbu Dedi berharap masyarakat dapat menjaga dan memelihara fasilitas yang sudah dibangun tersebut sehingga fasilitas air bersih tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama masyarakat Wetana.

Terpantau usai penandatanganan berita acara serah terima fasilitas air bersih tersebut, Sekda bersama rombongan dari Autralia melaksanakan kampanye cuci tangan pakai sabun sedunia yang diikuti seluruh peserta didik SD dan SMP. (dry/red)

Baca Juga :  Ini 50 Desa di SBD Yang Darurat Kekeringan Air Bersih‎

Comments

comments