Dispendukcapil Kota Kupang launching Tiga Inovasi

0
384

KUPANG- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang, melakukan
Sosialisasi percepatan akta-akta pencatatan sipil berbasis online tingkat Kota Kupang tahun 2019, Selasa (28/5).

Selain itu dilakukan soft launching aplikasi online Sistem Informasi Warga Pemula ( SIGAP) KTP elektronik dan e-lahir Mati serta layanan Paket Hemat Admistrasi Kependudukan (Pahe Adminduk).

“Ketiga jenis inovasi yang di launching ini merupakan terobosan yang di lakukan oleh pemerintah Kota Kupang secara khusus oleh Dispendukcapil Kota Kupang dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kota Kupang,” ungkap Plt. Dinas Kependudukan Kota Kupang Agus Ririmase.

Ririmase mengatakan, inovasi yang dibuat tersebut, adalah upaya untuk meningkatan kualitas pelayanan publik. Hal itu sudah menjadi komitmen dari Pemkot Kupang dan secara kontinyu terus ditingkatkan untuk memberikan kepuasan pelayanan bagi masyarakat Kota Kupang.

Dijelaskannya, aplikasi SIGAP KTP elektronik merupakan aplikasi yang dibuat untuk mengorganisir data warga kota Kupang yang akan berusia 17 tahun atau yang sudah berusia 17 tahun, dan belum memiliki KTP elektronik.

Baca Juga :  Sengketa Tapal Batas SBD-SB Tuntas

Untuk Aplikasi e-Lahir Mati merupakan aplikasi yang dibuat untuk mengintegrasikan pelayanan akta-akta pencatatan sipil, yaitu akta kelahiran dan akta kematian.

“Kita bangun kerjasama yang baik antara pihak rumah sakit, Puskesmas, klinik, kelurahan dan kecamatan dengan Dispendukcapil. Sehingga pelayanan akta-akta pencatatan sipil dapat di lakukan secara online, cepat dan tepat bagi masyarakat Kota Kupang,” kata Ririmase.

Sementara Pahe Adminduk merupakan inovasi yang dilakukan Dispendukcapil Kota Kupang sebagai upaya percepatan pelayanan administrasi kependudukan. Di mana warga yang mengurus satu dokumen kependudukan, akan diterbitkan juga dokumen kependudukan lainnya yang berhubungan dalam satu paket.

“Semoga ketiga jenis inovasi pelayanan publik Pemkot Kupang ini, dapat berkontribusi bagi peningkatan kualitas pelayanan Dispendukcapil Kota Kupang pada khususnya serta Pemkot Kupang pada umumnya. Dan terlebih terhadap masyarakat Kota Kupang,” pungkasnya.

(Iya)

Comments

comments