Festival sandelwood 1001 kuda sebagai branding pariwisata sumba

9
346

Waingapu — Potensi pariwisata yang ada di kabupaten Sumba Timur sungguh luar biasa baik potensi wisata alam berupa pantai , air terjun dan hamparan savana nan eksotis. Hal ini dibuktikan dengan dukungan penuh pemerintah pusat dimana presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo telah menetapkan Festival Sandlewood (parade 1001 ekor kuda sandel) sebagai branding pariwisata sumba.

Demikian dikataka Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, Kamis (12/7/2018) di lapangan Pahlawan Sumba Timur.

“festival sandelwood sebagai branding pariwisata Sumba dan ditindaklanjuti oleh kementerian pariwisata dengan dimasukannya kegiatan ini sebagai Top 100 Event Nasional. Oleh karena itu saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan kegiatan ini sebagai sarana dan mengekspresikan rasa cinta dan bangga pada budaya daerah Kita, “ajakya.

Dikatakan tujuan dilaksanakan kegiatan Festival sandelwood ini bukan sekedar mempromosikan potensi pariwisata yang ada namun harus juga dimaknai sebagai upaya pelestarian budaya sumba sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa yang terintegrasi dalam Bhineka Tunggal Ika.

“kegiatan festival sandelwood 1001 ekor kuda tahun 2018 diselenggarakan dalam bentuk parade kuda sandel di bukit savana Walakiri, “ujarnya.

Baca Juga :  Ini 50 Desa di SBD Yang Darurat Kekeringan Air Bersih‎

Dijelaskan Festival Sandelwood dimana seluruh kuda dan penunggang akan menggunakan ragaman hias khas Sumba Timur.

“kegiatan parade kuda sandelwood bertempat dibukit savana Walakiri dengan titik start di PT. SAS dan finish di pantai Walakiri,”jelasnya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari kecamatan Kota Waingapu, Kecamatan Kambera, Kecamatan Pandawai, Kecamatan Kanatang dam Kecamatan Haharu. (lya/qi)

Comments

comments