IWAPI SBD di Harapkan Mendobrak Perekonomian Masyarakat

0
351

Tambolaka — Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) mengangkat Ratu Wulla Talu sebagai Ketua DPC IWAPI di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Pelantikan dan pengukuhan itu berlangsung di salah satu gedung usaha Ratu Center yang berada di Desa Wee Renna, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, Senin (17/09/2018) malam yang di hadiri oleh Bupati SBD dan seluruh Pimpinan OPD lainnya.

Saat di lantik, Ratu Wulla Talu menerima bendera petaka IWAPI dari Ketua DPD Nusa Tenggara Timur (NTT) Dr. Inche Sayuna yang disaksikan oleh pengurus IWAPI Provinsi NTT, Bupati SBD, Ketua Bayangkari Sumba Barat, Persit Kartika Chandra Kirana, Pimpinan OPD, serta tamu undangan yang sempat hadir.

Dalam sambutannya, Ketua DPC terpilih Ratu Wulla Talu mengaku berbahagia karena mendapatkan kepercayaan menahkodai organisasi IWAPI di Kabupaten Sumba Barat Daya.

“Ini adalah momentum bagi IWAPI SBD, tentunya saya pribadi sangat berbahagia karena telah dipercayakan menahkodai organisasi ini yang pertama kali di Sumba Barat Daya. Organisasi ini telah berjalan selama 70 tahun yang lalu, dan wadah ini sangat dibutuhkan di Sumba Barat Daya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Festival sandelwood 1001 kuda sebagai branding pariwisata sumba

Ratu menjelaskan pengurus yang bergabung dalam DPC IWAPI SBD terdiri dari perempuan-perempuan yang memiliki latar belakang usaha yang berbeda-beda dan tergolong dalam usaha kecil menengah (UKM).

“Pengurus yang bergabung saat ini berasal dari pengusaha-pengusaha kecil yang memiliki jenis usaha berbeda-beda. Kedepannya kami akan terus bergandengan tangan menjalankan roda organisasi ini menghimpun seluruh pengusaha pengusaha di SBD agar dapat terhimpun dalam wadah organisasi dan bersama memberikan kontribusi untuk kemajuan Sumba Barat Daya,” pintanya.

Ketua DPD IWAPI Provinsi NTT, Dr. Inche Sayuna, mengatakan Iwapi adalah sebuah organisasi yang telah berdiri lama dengan jumlah anggota kurang lebih 30.000 yang tersebar luas dan berbagai jenis usaha.

Menurutnya alasan organisasi ini dibentuk di SBD, agar menghimpun semua pengusaha perempuan agar terhimpun di sebuah wadah. Dengan demikian kedepannya dapat membuat program-program dan mengajak perempuan di luar sana untuk berwirausaha.

“Organisasi ini sangat baik dan dapat membuka peluang bagi perempuan-perempuan untuk berwirausaha,” katanya.

Ia menambahkan organisasi IWAPI dapat membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dalam bentuk membuka peluang usaha masyarakat.

Baca Juga :  Toilet Di Kantor Pemerintahan SBD Tidak Layak Pakai

“Ini langkah baik bagi Pemerintah Daerah menyambut IWAPI. Selain itu kehadiran IWAPI dapat membuka jaringan luas bagi pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya. Di organisasi ini memiliki mitra jaringan yang luas, hampir 300 ribu jenis usaha yang di kelola IWAPI,” paparnya.

Dalam pelantikan itu, Ketua DPD Dr. Inche Sayuna mengangkat Bupati Sumba Barat Daya Markus Dairo Talu (MDT) sebagai Dewan Pembina I dan Wakil Bupati sebagai Dewan Pembina II.

MDT dalam sambutannya mengaku di era sekarang ini peran serta kaum perempuan dalam membangun Sumba Barat Daya sangat di butuhkan. Menurutnya kehadiran IWAPI di SBD di sambut baik oleh Pemerintah Daerah dan siap menjalin hubungan kerjasama.

Dikatakannya bahwa peran pengurus menjadi sangat penting bagi kemajuan organisasi. Sehingga menurutnya, pengurus harus mampu melaksanakan amanah organisasi dan bertanggungjawab dengan sungguh.

“IWAPI SBD harus mampu menyatukan perempuan pengusaha tanpa harus melihat latar belakang jenis usahanya. Itu adalah tugas pokok pengurus organisasi,” katanya.

Selain itu ia berharap kehadiran IWAPI di SBD menjadi pelopor tumbuh kembangnya pengusaha-pengusaha baru agar menjadi agen perubahan bagi bidang perekonomian di SBD. (alf/qi)

Baca Juga :  MDT Hadiri Panen Raya Perdana Ikan Air Tawar

Comments

comments