MDT Berharap Semua Tanah Di SBD Bersertifikat

364
1612

Tambolaka — Bupati SBD Markus Dairo Talu menyerahkan 727 sertifikat tanah kepada masyarakat Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kamis (08/2/2018).

Menurut Bupati Markus Dairo Talu, penyerahan sertifikat itu merupakan bentuk kepedulian dan keberpihakan pemerintah daerah terhadap masyarakatnya. kebijakan sertifikat tanah tersebut melalui program pendaftaran tanah yang sistematis lengkap atas kebijakan pemda SBD yang sangat strategis.

“Program ini di lakukan untuk menjawab berbagai permasalahan pertanahan di masyarakat. Ini juga sebagai bentuk upaya pencegahan konflik tanah yang kerap terjadi di tengah masyarakat yang dapat menimbulkan korban jiwa,” jelas Bupati yang kerap di sapa MDT itu.

Dikatakannya bahwa sebelum adanya program ini, kepemilikan tanah masyarakat SBD tumpang tindih lantaran begitu banyaknya sertifikat tanah di atas tanah yang sama.

“Sering terjadi tumpang tindih kepemilikan sertifikat tanah yang sama. Dengan adanya program ini menjadi bukti kepemilikan yang sah secara hukum atas tanah. Saya harapkan dengan adanya sertifikat ini tidak ada lagi persoalan mengenai tanah di SBD,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ini Dia Kades Termudah Di Rote Ndao

MDT berharap kedepannya seluruh tanah yang ada di desa Waipakolo Kecamatan Kodi Balaghar dapat diukur oleh pertanahan sehingga semua masyarakat desa dapat memiliki sertifikat tanah yang sah.

“Bapak Ibu yang telah menerima sertifikat ini, tolong simpan sertifikat ini di tempat yang aman dan jangan lagi menjual tanah kepada pihak asing. Kalau kita hanya menjual dan menjual, apa yang akan kita wariskan terhadap anak cucu kita. Saya yakin kedepannya tanah kita di SBD sangat lebih berharga dari pada saat ini,” tuturnya.

Sebelumnya pada tanggal 1 Februari 2018, Bupati MDT menyerahkan 548 sertikat untuk masyarakat Kendu Wela, Kecamatan Kodi Utara. (red/qi)

Comments

comments