Pemkab Sarai Teken MoU dengan BPJS Kesehatan Cabang Kupang

0
162

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Dalam rangka Universal Health Covere (UHC) tahun 2020 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sabu Raijua (Sarai) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama atau Memorandum off Understanding (MoU) dengan BPJS Kesehatan Cabang Kupang tentang penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi penduduk yang didaftar oleh Pemkab Sarai.

Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke, Kamis (9/01/2020) di Resto Taman Laut Handayani Kupang mengatakan, tugas pemerintah itu
menjadi tugas-tugas pokok yang sifatnya sipil salah satu adalah pelayanan kesehatan dan pelayanan kesehatan itu pelayanan sipil kelas pelayanan dasar bagi seluruh warga negara oleh karena itu perhatian serius harus kesana.

Sabu Raijua harus lakukan itu dengan adanya BPJS kesehatan ini tentunya program ini sangat baik untuk masyarakat sehingga kami memprogramkan itu

“Tadi saya mendapat informasi dari kepala BPJS bahwa untuk NTT ada enam Kabupaten yang sudah di bilang baik tapi yang kami lakukan itu bukan mengejar siapa punya prestasi yang cepat, lebih baik dari yang lain. Tapi pelayanan itu yang jadi perhatian kami sehingga saya kaget juga hanya ada enam Kabupaten saja itu dasar dari pada kami pelayanan kepada masyarakat itu yang lebih penting sekarang. Dalam pelayanan kesehatan ini itu ada pelayanan dari kabupaten, propinsi dan pusat, “katanya.

Baca Juga :  Kades Laga Lete Dilaporkan Ke Inspektorat

Menurutnya untuk menutupi itu semua ada 23 ribu lebih jiwa yang harus kami layani dan itu sudah terpenuhi tetapi karena setelah diverifikasi ada yang mati dan lain sebagainya itu sisa tiga ribuan orang dan kita akan menanti yang lahir baru begitu kita tahu dan langsung daftar dan langsung aktif.

“Saya berterima kasih karena dari BPJS kesehatan tidak lagi main-main dengan persyaratan apa saja segala macam begitu di daftar langsung aktif. Terimakasih ini bukan dibuat-buat karena memang itu datang dari masyarakat dan masyarakat sangat memberikan apresiasi bagi pelayanan BPJS dan kenapa mereka memberikan apresiasi selain pelayanan pada waktu mereka dilayani pelayanan yang saya maksud tadi pelayanan administrasi tapi begitu pelayanan di rumah sakit itu juga mendapat pelayanan yang sangat baik itu yang mereka nilai sehingga mereka sangat berterima kasih dengan kehadiran atau adanya BPJS kesehatan “tegasnya.

Kepala BPJS Kesehatan Fauzi Lukman Nurdiansyah mengatakan kami secara prinsip sangat mengapresiasi kepada pemerintah daerah Sabu Raijua dan kepada pak bupati yang sudah terus secara kontinyu menjamin hampir seluruh penduduknya sebagai peserta JKN KIS. Kalau tentang data sudah 97 persen terkaver dalam JKN KIS atau dalam jiwa 92.648 jiwa. Kalau bicara yang di anggarkan oleh pemerintah daerah 23 ribu dan yang sudah siap masuk 22 072 jiwa ini satu apresiasi.

Baca Juga :  Bupati SBD Lantik 122 Pejabat

“Kalau bicara UHC baru enam daerah uang UHC di NTT. Jadi ini salah satu apresiasi kami dengan pemerintah daerah semoga kita tetap jaga hal tersebut, “katanya.(Lya)

Comments

comments