Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sumba Timur Dilantik

0
269

KIBLATNTT.COM, WAINGAPU —Pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sumba Timur akan segera dilantik hari ini, Selasa (22/10/2019) di ruang sidang DPRD Kabupaten Sumba Timur oleh Ketua Pengadilan Negeri Waingapu, Richard Edwin Basoeki. Pelantikan ini digelar setelah Sekretariat DPRD Kabupaten Sumba Timur menerima Surat Keputusan (SK) Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Nomor Pem.172.1/II/406/X/2019 tertanggal 14 Oktober 2019, Tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sumba Timur periode 2019-2024.

Hal ini disampaikan Sekretaris DPRD Kabupaten Sumba Timur, Erna Aldjufrie saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Senin (21/10/2019). Dijelaskannya pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sumba Timur dijadwalkan akan dilaksanakan hari ini, Selasa (22/10/2019) di ruang sidang DPRD Kabupaten Sumba Timur, pukul 09:00 Wita.
“Seperti yang sudah bapak ketahui, bahwa pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sumba Timur akan dilaksanakan besok (Selasa, 22/10) dan akan dilaksanakan tepat pukul 09:00 Wita oleh Ketua Pengadilan Negeri Waingapu,” jelasnya.
Mengenai persiapan pelantikan, Erna menguraikan pihaknya sudah melakukan semua persiapan termasuk dengan menyebarkan undangan dan gladi pelantikan. Karena itu, proses pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sumba Timur akan segera dilaksanakan. “Semua sudah kita persiapkan, dan pelantikannya besok,” jelasnya.
Pimpinan sementara DPRD Kabupaten Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq yang dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (21/10/2019) petang membenarkan adanya kepastian pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sumba Timur hari ini, Selasa (22/10/2019). Diakuinya persiapan pelantikan sudah dilakukan, dan gladi juga sudah selesai dilakukan.
“Betul besok pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sumba Timur, karena SK Gubernur sudah ada, dan kami sudah habis gladi tadi pagi,” jelasnya.
Ditambahkannya usai pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Sumba Timur, pihaknya akan segera melakukan sidang paripurna untuk membahas dan menetapkan tata tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Sumba Timur periode 2019-2024 mendatang. Kemudian baru akan melakukan agenda berikutnya yakni pembentukan komisi-komisi.
“Setelah ini kita bahas untuk tetapkan Tatib nya dulu baru kita lanjutkan dengan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD),” jelasnya.
Selanjutnya, Ketua Harian Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sumba Timur ini menambahkan, pihaknya akan mengefektifkan waktu pembahasan dan penetapan Tatib serta pembentukan AKD, agar kemudian bisa bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur membahas dan menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumba Timur tahun anggaran 2020 mendatang.
“Kita akan efektifkan waktunya, agar bisa segera membahas APBD murni tahun 2020 mendatang. Karena penetapan APBD itu menyangkut kepentingan masyarakat Sumba Timur secara keseluruhan di tahun 2020. Jadi tidak bisa kita main-main,” tandasnya.
Untuk diketahui, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur akan diisi kader Partai Golkar, Ali Oemar Fadaq, karena Partai Golkar Sumba Timur menjadi pemenang Pemilu tahun 2019 lalu dengan menempatkan delapan kadernya di DPRD Kabupaten Sumba Timur. Sementara itu, posisi dua wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur akan diisi oleh Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Umbu Kahumbu Nggiku, serta Ketua DPD Partai NasDem, Yonathan Hani.(eho)

Comments

comments

Baca Juga :  Babinsa James Tse Bagikan Paket Sembako kepada Warga Binaannya