PKK SBD Bangun Rumah Kreatif Bagi Para Pelaku UKM ‎‎

224
1731

Tambolaka — Mengingat kedepan akan semakin ketatnya pasar global di Sumba khususnya SBD, maka Tim Penggerak PKK kabupaten SBD bekerja sama dengan BUMN pusat dan Propinsi membangun rumah kreatif BUMN PKK. ‎

Demikian dikatakan Ketua TP PKK SBD, Ratu Wulla Talu dalam sambutannya pada saat peresmian rumah kreatif BUMN PKK oleh Bupati Markus Dairo Talu didampingi Kepala BNI cabang Kupang, I Nyoman Sukarya, Jumad (27/10/2017) di Tambolaka. ‎

Dijelaskannya bahwa di era sekarang pasar bebas terus bergerak, sehingga para pelaku usaha kecil menengah (UKM)  harus terus didoroang untuk berinovasi dan berkompetitif dalan mengembangkan produk-produk lokal. 

“Kita harus mengikuti alur pangsa pasar global saat ini. Kalau kita tidak mampu untuk bersaing dan mempersiapkan segala seauatu sedini mungkin, maka kita jangan salahkan, karena pada akhirnya kita terbelakang. Bukan hanya produk-produk saja yang bisa masuk di wilayah kita, namun juga tenaga kerja dari luar negeri pun bisa masuk di Sumba jika kita tidak mempersiapkan diri dari sekarang untuk merebut pasar bebas itu. Jika kita gagal jangan salahkan pemerintah,” pungkasnya

Baca Juga :  Telkomsel Beri Aneka Bantuan Bagi Para Korban Gempa

Ratu Wulla mengaku PKK bekerjasama dengan salah satu BUMN yakni BNI yang di pilih langsung oleh Kementerian BUMN untuk memberikan wadah agar para pelaku UKM tetap semangat. Selain BNI, Pemerintah Daerah SBD juga mendukung dan memberikan fasilitas rumah kreatif BUMN yang menjadi sentra seluruh UKM yang berada di SBD.

“Hasil-hasil usaha dalam bentuk suvenir, kain tenunan, dan aneka aksesoris lainnya akan di tampung di rumah kreatif ini untuk dapat di perdagangkan secara online agar lebih di kenal oleh dunia luar. Tidak serta merta semua produk akan masuk di rumah kreatif ini, namun akan di lihat produk yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi sehingga kita tidak kalah saing dengan produk dari luar,” jelasnya. 

Kepala Cabang Bank Negara Indonesia (BNI) Kupang, I Nyoman Sukarya dalam sambutannya mengatakan peresmian Rumah Kreatif BUMN ini sebagai sebuah wadah untuk menampung dan mengembangkan kreasi pelaku UKM untuk dapat menyaingi pasar bebas. 

Dikatakannya perlu di ketahui bahwa pertumbuhan ekonomi pasar global telah memindahkan paradigma bisnis nasional dimana saat ini UKM memegang peran penting dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional yaitu penciptaan lapangan kerja baru, penciptaan produk-produk baru serta penciptaan inovasi baru.

Sehingga, katanya sebagai salah satu usaha meningkatkan ekonomi kerakyatan, Kementerian BUMN melalui perusahaan milik negara berinisiatif membangun Rumah Kreatif BUMN sebagai sentra untuk berkumpul, belajar, dan membina seluruh pelaku UKM.

“BNI sebagai bagian dari BUMN memiliki peranan yang sangat strategis untuk ikut serta berpartisipasi secara aktif untuk mendekatkan kemajuan industri serta memperkuat daya saing bagi pelaku UKM,” ujarnya. 

Menurutnya bahwa bantuan yang diberikan tidak hanya bantuan berupa permodalan tetapi akan membantu memasarkan produk UKM secara online. Maka, dengan adanya penjualan secara online, diharapkan pelaku UKM lebih fokus menciptakan produk yang berkualitas. 

Baca Juga :  Gabungan Pemuda Pelajar Oelbanu Gelar Seminar Sehari

Bupati SBD Markus Dairo Talu saat meresmikan rumah kreatif BUMN PKK mengapresiasi PKK SBD dan mengucapkan terimakasih kepada pihak BNI yang telah bekerjasama mengembangkan UKM melalui pembangunan rumah kreatif BUMN PKK itu. 

Rumah kreatif BUMN PKK yang ada katanya, merupakan tempat dilaksanakan berbagai kegiatan serta pelatihan bagi kelompok UKM dan promosi serta pemasaran hasil kreatifitas semua UKM di SBD guna meningkatkan pendataptan, kapasitas dan kapabilitas UKM sehingga terwujud pelaku UKM yang berkualias dan kreatif. (red)‎

Comments

comments