Raja Vico Amalo Siap Kembalikan Kejayaan Termanu

0
563

KIBLATNTT.COM, BA’A — Raja Termanu, Vico Ama lo siap mengembalikan kejayaan ekonomi Termanu yang menjadi pusat perekonomian Rote Ndao pada awal peradaban masyarakat Rote Ndao ratusan tahun silam. Pengembalian kejayaan ekonomi Termanu ini akan dimulai dengan pembangunan kembali rumah adat Termanu.

“Motivasi saya setelah dilantik sederhana saja yaitu menyatukan keluarga kami, menyatukan Nusak kami memberkati orang itu saja motivasinya,” kata Raja Termanu Vico Amalo, Jumat (06/12/2019) usai dilantik di destinasi wisata Batu Termanu Rote Tengah.

Ia juga menjelaskan setelah pelantikan dirinya akan segera melakukan rapat adat untuk memperkuat lagi simbol-simbol adat yang sudah mulai luntur.

“Besok kami akan bekerja secara adat para manaleo, dengan para mandope, dengan manasik semuanya akan kami kontak dan kami akan mulai membangun lagi. Program kami yang paling dekat adalah membangun rumah ada kami kembali karena tanpa rumah adat kami tidak ada tempat untuk berkumpul sederhananya begitu,” katanya.

Ia juga menjelaskan, saat ini Termanu baru mempunyai dua tempat wisata mangrove yakni di Maubesi dan yang paling utama adalah Batu Termanu.

Baca Juga :  Kepsek Satap Gokata Akui Telah Mencuri Beberapa Item Pekerjaan

“Batu Termanu icon buat pulau Rote zaman dulu navigasi kapal laut mereka melihat batu Termanu ini menjadi tempat tujuan mereka untuk berlabuh. Di tempat ini kita berdiri sekarang namanya Namodale. Jadi jaman dulu perekonomian Rote dimulai di tempat ini dan kami akan mengembalikan kejayaan itu lagi di tempat ini,” tandasnya.(lya)

Comments

comments