Rubah Citra Sabung Ayam, Pemda Sumba Barat Gelar Kontes Rutin‎

271
2971

Waikabubak — Kegiatan adu ayam secara ilegal berbeda dengan kontes ayam tarung yang di gelar oleh Pemda Sumba Barat. Kontes adu ayam yang digelar tersebut bertujuan untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Sumba Barat. ‎

Demikian dikatakan‎ Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Umbu Dingu Dedi mewakili Bupati Niga Dapawole saat menutup pelaksanaan kegiatan kontes ayam tarung di aula kantor bupati setempat, Rabu (18/10/2017).

Menurutnya bahwa sebelum kontes adu ayam tersebut diadakan, Pemda telah bekerja sama dengan sejumlah pecinta ayam tarung untuk berpartisipasi dalam event yang rencannya akan digelar setiap tahun itu, sebagai agenda rutin bagi para pecinta ayam tarung.

“Agenda ini akan kita gelar setiap tahun dan kedepan kita akan libatkan pecinta ayam tarung dari berbagai daerah di Provinsi NTT,” ujarnya.‎

Dia pun mengapresiasi penyelenggaraan kontes ayam tarung yang berjalan tertib, aman dan penuh kekeluargaan tersebut.‎

Dijelaskannya bahwa kontes ini juga telah berhasil dan mampu menghilangkan stigma negatif yang beredar tentang pandangan semua orang terhadap kontes ayam tarung.

Baca Juga :  Tak Digaji, TKW Asal Sumba Barat Malah Dianiaya Majikan

“Saya yakin kontes ini telah membuahkan hasil agar masyarakat semakin mempererat tali persaudaraan. Dan juga menurut saya kegiatan ayam tarung di adakan guna mempromosikan pariwisata yang ada di wilayah kita,” katanya.

‎Dikatakannya bahwa adu ayam acapkali dikonotasikan sebagai kegiatan negatif dalam hal ini perjudian. Karena itu untuk menghilangkan stiga itu, Pemkab Sumba Barat memberikan wadah yang benar agar masyarakat tidak lagi berjudi sabung ayam. Disisi lain, untuk meningkatkan semangat masyarakat untuk memelihara ayam untuk lebih meningkatkan ekonomi keluarga. (dry/red‎)

Comments

comments