Sosialisasi Pembangunan Keluarga, Komisi IX Bersama Mitra Sasar Generasi Muda

0
78

Tambolaka – BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama mitra Komisi IX kembali melakukan kegiatan sosialisasi Pembangunan Keluarga, selasa (17/3/2020) di Cafe dan Resto Ro’o Luwa.

Sosialisasi yang ke dua ini, BKKBN bersama mitra sasar generasi muda di Kecamatan Kota Tambolaka.

Kepala Perwakilan BKKBN Nusa Tenggara Timur Marianus Mau Kuru, SE, M.Ph, menekankan generasi muda tidak melangsungkan pernikahan dini.

“Usia pernikahan bagi perempuan rata-rata berusia 21 tahun dan bagi laki-laki rata-rata berusia 25 tahun. Manfaat program KB ini untuk kesehatan ibu dan anak serta investasi keluarga untuk menurunkan angka kemiskinan dan stunting,” jelasnya.

Anggota Komisi IX, Ratu Wulla Talu mengatakan program sosialisasi pembangunan keluarga memiliki delapan fungsi yakni fungsi agama, fungsi sosial budaya, cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi ekonomi.

“Delapan fungsi itu bertujuan terbangunnya ketahanan keluarga balita dan anak serta kualitas anak dalam memenuhi hak tumbuh kembang anak, terbangunnya ketahanan keluarga remaja dan kualitas remaja dalam menyiapkan kehidupan berkeluarga dan meningkatnya kualitas lansia dan pemberdayaan rentan sehingga mampu berperan dalam kehidupan keluarga serta terwujudnya pemberdayaan ekonomi keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” jelasnya.

Baca Juga :  Festival sandelwood 1001 kuda sebagai branding pariwisata sumba

Kegiatan sosialisasi program Pembangunan Keluarga bersama mitra BKKBN sangat penting sehingga menjadi bekal khusus dalam perencana kehidupan.

“Ini penting, bagaimana kita mengatur jarak kehamilan minimal 3 atau 5 tahun baru melahirkan lagi, pemberian perhatian kepada bayi sejak 1000 hari pertama kehidupan yaitu dari nol sampai 2 tahun. Tidak terlalu banyak anak maksimal 3 orang anak, Ibu hamil jangan sedih, murung atau menangis, sebab itu berdampak pada kehamilan. Harus ceria sehingga melahirkan anak yang hebat,” imbau mantan Ketua PKK SBD itu.(alf)

Comments

comments