Syukuri HUT, Gen Hijau Sumba Tengah Hijaukan Lingkungan

531
3096

Waibakul — Mensyukuri hari ulang tahun (HUT) yang ke-2 tahun 2017, ‎Gen Hijau Sumba Tengah menggelar penanaman pohon bersama di desa Tana Modu, Jumad (10/11/2017). 

Kegiatan penanaman ribuan anakan pohon jati dan mahoni yang digagas Gen Hijau dihadiri sesepuh mantan Bupati Sumba Barat, Umbu Djima dan Bunda Gen Hijau Ny. Ratu Wulla Talu‎ serta puluhan generasi muda komunitas Gen Hijau, aparat TNI Sumba Tengah dan Polhut. 

Dalam pesannya, pembina Gen Hijau Sumba Tengah, Umbu Djima mengapresiasi komunitas pemuda-pemudi Sumba Tengah yang menggabungkan diri dalam komunitas Gen Hijau untuk melakukan sesuatu yang sangat luar biasa bagi lingkungan di Sumba Tengah dan Nusantara. 

“Ini hal positif yang perlu kita dukung dan apresiasi, karena saat sekarang ini, tidak banyak orang lagi yang berfikir bagaimana menjaga alam ini agar tetap lestari untuk memberi penghidupan kepada kita umat manusia. Dan hari ini anak-anak muda memberi contoh dan teladan yang luar biasa hebat” ungkapnya. ‎

Dikatakannya, apa yang dilakukan Gen Hijau selaras dengan apa yang dilakukannya dulu saat masih menjabat Bupati Sumba‎ Barat dalam program Eka Pata tahun 1986 silam. Sayangnya, program penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup yang diprakarsainya itu tidak dilanjutkan oleh pemimpin selanjutnya saat dirinya usai masa jabatan. 

Baca Juga :  Berkunjung Ke RSUD, MDT Di Beri Ayam Jantan Oleh Pemilik Wilayah

“Melihat kondisi lingkungan kita saat ini yang acap kali di rusak oleh tangan-tangan yang tak bertanggung jawab membuat saya prihatin. Karena itu, apa yang dimulai Gen Hijau ini selama dua tahun terbentuk di Sumba Tengah adalah suatu teladan yang harus terus didengungkan di Pulau Sumba,” tandasnya.‎

Mantan Bupati Sumba Barat dua periode itu pun berpesan kepada para generasi muda, bahwa bumi ini adalah titipan anak cucu kita yang harus di jaga sehingga mewariskannya dalam keadaan nyaman dan indah, karena bumi ini bukan milik kita yang hidup sekarang.

“Semoga apa yang dibuat ini menjadi manfaat untuk kesejahteraan bagi rakyat Sumba Tengah dan turut mengisi rakyat Indonesia. Ibarat yang dibuat adalah satu titik air yang jatuh di lautan lepas, namun tentu satu tetes itu akan bermakna pula,” tuturnya. ‎

Bunda Gen Hijau, Ratu wulla Talu turut mengapresiasi komunitas Gen Hijau Sumba Tengah yang sudah melakukan aksi nyata dengan menanam, menanam dan menanam untuk pelestarian lingkungan hidup. 

Baca Juga :  43 Kelompok Tani Dapat Hand Tractor Gratis

“Gen Hijau Sumba Tengah memberikan kami suport untuk nantinya menggerakan budaya tanam, tanam dan tanam di SBD. ‎Dan ini menjadi cikal bakal untuk tidak hanya membangun Kabupaten Sumba Tengah ataupun SBD, tetapi pulau Sumba secara utuh,” pungkas ketua TP PKK SBD itu. 

Istri orang nomor satu di Kabupaten Sumba Barat Daya itu pun mengaku berkomitmen untuk memberi dukungan penuh bagi Gen Hijau Sumba Tengah untuk terus berkarya, bekreasi dan berinovasi membangun pulau Sumba secara utuh. 

‎”Komitmen saya adalah memberi dukungan unlimited untuk Gen Hijau Sumba Tengah dan  yang akan terbentuk di tiga Kabupaten lain di Pulau Sumba‎,” tandas ketua Dekranasda SBD itu. (red) ‎

Comments

comments