575 Anggota DPR RI Terpilih Resmi Dilantik, Salah Satunya Dari Sumba

0
961

KIBLATNTT.COM, JAKARTA — Sebanyak 575 anggota DPR terpilih periode 2019-2024 telah dilantik. Dari 575 Anggota DPR RI terlantik yang tersebar di 80 dapil, salah satunya perwakilan dari Pulau Sumba, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi NTT atas nama Ny. Ratu Ng. B. Wulla, ST.

Pelantikan 575 Anggota DPR RI digelar di Ruang Paripurna I, Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2019). Sidang paripurna pelantikan anggota DPR 2019-2024 dipimpin oleh pimpinan sementara, Abdul Wahab Dalimunthe (anggota DPR tertua) dan Hillary Brigitta Lasut (anggota DPR termuda).

Rangkaian prosesi pelantikan anggota DPR dimulai saat Sekjen DPR Indra Iskandar membacakan Keputusan Presiden tentang peresmian keanggotaan DPR RI. Lalu 575 wakil rakyat mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali yang diikuti dengan penandatanganan berita acara sumpah/janji secara simbolis yang dilakukan oleh 5 anggota Dewan.

Pelantikan anggota DPR periode 2019-2024 disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Turut hadir pula beberapa tokoh undangan, seperti Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, wapres terpilih Ma’ruf Amin, politikus Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hingga sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK dan Ketua KPU Arief Budiman.

Baca Juga :  Mendag Puji Kualitas Garam NTT

Anggota DPR terlantik, Ny. Ratu Ng. B. Wulla, ST mengaku pelantikan ini boleh terjadi berkat dukungan semua pihak dan terutama masyarakat Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) yang dengan caranya masing-masing memberikan dukungan.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumba Barat Daya dan semua pihak yang dengan caranya masing-masing memberikan dukungannya kepada saya. Hari ini merupakan hari bersejarah bagi NTT dan Sumba khususnya bahwa ada keterwakilan perempuan di DPR untuk mengawal aspirasi masyarakat,” ungkapnya dalam syukuran di kediamannya di Bambu Apus, Jakarta Timur.

Politisi Partai Nasdem itu mengatakan dirinya akan mengawal seluruh kebijakan pemerintah dan melakukan pengawasan terhadap anggara. Katanya, itu merupakan tugas pokok Anggota DPR.

“Saya pribadi yakin mampu membangun kepercayaan masyarakat NTT dan Sumba khususnya. Saya boleh ada dan dilantik hari ini karena militansi masyarakat Sumba Barat Daya memberikan dukungan kurang lebih 90 persen. Saya ingin katakan bahwa saat ini bukan saja saya berjuang untuk Sumba tetapi pengabdian saya untuk NTT dan Indonesia,” katanya.

Baca Juga :  Danrem 161/Wira Sakti Terima Kunjungan Tim Pokja Kemenhan RI

Dirinya yakin bahwa 575 Anggota DPR terlantik memiliki tujuan yang sama untuk menjaga keutuhan bangsa.

“Kami ingin bangsa ini menjadi bangsa yang hebat, bangsa yang tidak di remehkan, Indonesia ini punya SDA yang banyak yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Mari tetap jaga bangsa ini tetap bangsa yg utuh, kami ada di DPR untuk mengawal aspirasi rakyat, pengawasan anggaran dan kebijakan pemerintah” tuturnya. (19AL/eho)

Comments

comments