Jokowi, Presiden Pertama Yang Menginjakan Kakinya di Titik Nol Selatan NKRI

508
2375

Ba’a — Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi merupakan Presiden pertama Republik Indonesia yang menginjakan kakinya di Kabupaten Rote Ndao yang merupakan titik nol selatan NKRI.

Kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi disambut hangat dan antusias oleh masyarakat Rote Ndao.

Menggunakan pesawat Kepresidenan, Presiden dan rombongan tiba di Bandara DC. Saudale, Senin (8/1/2018) sekira pukul 16.40 wita disambut secara adat oleh Bupati Rote Ndao Leonard Haning dan Ny. Paulina Haning Bulu serta forkopimda Rote Ndao.

Diruang VIP, Presiden Jokowi dipakaikan Topi Ti’i Langga dan sarung adat Rote Ndao oleh Bupati Leonard Haning sekaligus dinobatkan sebagai Maneleo/Raja (gelar terhomat untuk masyarakat/bangsawan Rote Ndao). Ibu Iriana Jokowi pun dipakaikan bula molik dan sarung adat Rote Ndao sebagai tanda keagungan (Ratu).

Dalam tuturan adatnya saat penjemputan Presiden, tokoh adat Anderias Ruy mengatakan hari itu menjadi catatan sejarah bagi rakyat Rote Ndao hingga ke anak cucu, bahwa sejak dari Indonesia merdeka baru pertama kalinya seorang Presiden di Republik ini menginjakan kakinya di Rote Ndao.

Baca Juga :  Inilah Nama Calon Pengganti Wiranto

Dan tentu menjadi kebangaan dan kebahagiaan sendiri bagi seluruh rakyat Rote Ndao, dan hari ini akan terkenang sepanjang masa.

Usai penjemputan dengan tuturan adat, Presiden dan ibu Iriana serta rombongan diarak menuju gedung Auditorium Buimi Ti’i Langga yang jaraknya sekira satu kilometer dari bandara. Disana Presiden menggelar Rakernas Bara JP. (eno/red)

Comments

comments