26 Peserta Seluruh Indonesia Ikut Lomba Pemeliharaan Irigasi

1
217

Kupang — 26 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti Lomba / pemeliharaan petugas o&p irigasi dan rawa teladan tingkat nasional tahun 2018 kategori pengamatan/ UPTD Irigasi permukaan 16-20 Juli 2018. Yang di buat oleh Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat direktorat jenderal sumber daya air direktorat bina operasi dan pemelihara.

Salah satu juri, Djito, Rabu (18/7/2018) mengatakan Untuk tingkat pengamatan data peserta dari panitia ada 26 peserta dari seluruh Indonesia artinya mewakili 26 propinsi.

“Ini hanya tingkat pengamatan saja, ada beberapa tingkat yang lain sampai dengan sekarang sudah 22 peserta yang sudah melakukan presentase jadi masih ada empat lagi besok. Rencananya besok selesai kemungkinan akan dibuka kotak-kotak itu untuk menentukan urutan nilainya, “katanya.

Dijelaskannya bahwa Kriteria penilaian sudah jelas untuk pelaksanaan operasi dan pemeliharaan irigasi,operasinya bagaimana, operasi pelaksanaan, monitor inflasinya. Kalau pelaksanaan atau pemeliharaan juga demikian ada perencanaannya, pelaksanaan, pemeliharaannya juga ada motor inflasinya. Belum pengisian blanko-blako operasi itu ada dua belas . Ada 10 blako pemeliharaan terus juga ada namanya penilaian kinerja semua diuji disini.

Baca Juga :  Motivasi Siswa-siswi Belajar, HMJ Matematika Undana Gelar Lomba CCM‎  ‎

“jadi yang ikut lomba ini adalah wakil-wakil dari setiap propinsi artinya dia yang terbaik disamakan paling gak untuk tahun 2018 di uji di Kupang makanya mereka harus bisa menjelaskan satu-satu melempas itu tugasnya seperti apa, inovasinya seperti apa, juga dia harus sanggup menjawab pertanyaan dewan juri. itu ada nilai-nilai semuanya bagaimana cara dia memaparkan informasi nya seperti apa menjelaskan lima atau yang lalu kondisi sekarang apa yang kedepan mau seperti apa, “ujarnya.

Menurutnya ada kriteria-kriteria yang di nilai oleh juri jadi satu persatu kriteria itu banyak sekali. Intinya tiap propinsi kondisinya beda-beda ada yang memahami kedalamannya beda-beda, tapi intinya karena dia sudah di kirim propinsinya tentunya dia sudah melalui seleksi karena sebelum di kirim ada seleksi antar kabupaten setelah itu ke propinsi dari itu wakil-wakil yang terbaik di sana setiap tahun berbeda-beda nanti yang di kirim juga berbeda-beda.

Sementara itu Kabid OP SDA dan Irigasi Dinas PUPR, Benyamin Nahak mengatakan Kegiatan ini adalah kegiatan pusat dari kementerian PUPR Khususnya dirjen sumber daya air kementerian PUPR dan ini kegiatan rutin. lomba operasional dan pemeliharaan petugas teladan tingkat Nasional, jadi setiap tahun diadakan dan berpindah- pindah tempat.

Baca Juga :  Pemkot Berharap Pengusaha dan Pekerja Tahu Hak dan Kewajibannya

“Kalau daerah irigasi mau maju semua komponen harus maju sama-sama harus bergerak satu arah,” tegasnya. (lya/qi)

Comments

comments