70 ASN Kota Kupang Disumpah Ulang

0
64

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Sebanyak 70 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Kupang diambil ulabg sumpahnya oleh Wali Kota Kupang, Dr. Jeffrey Riwu Kore, di Aula Lantai I, Kantor Wali Kota Kupang, Rabu (9/10).

Wali Kota Kupang, Dr. Jeffrey Riwu Kore dalam sambutannya menegaskan, pengambilan sumpah ASN ini merupakan bagian dan upaya pemerintah dalam melakukan pembinaan ASN sebagai aparatur negara dan abdi masyarakat yang bertujuan agar para ASN mempunyai kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, negara, dan pemerintah serta memiliki mental yang baik jujur bersih berdayaguna dan penuh tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan dalam mendukung upaya pemerintah mendorong untuk terciptanya good goverment.

Dijelaskannya, pengambilan sumpah ASN, disamping sebagai bentuk pernyataan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan juga sebagai ikrar ketaatan terhadap semua peraturan yang berlaku guna menjamin pelaksanaan tugas-tugas ke depan. Oleh karena itu para ASN dituntut agar selalu bersikap jujur, tertib dan disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat di Kota Kupang, sehingga para ASN kemudian bisa mendapat tempat yang terhormat dalam hati masyarakat serta menjadi panutan.

Baca Juga :  Tinju Dunia NTT Memperebutkan Lima Sabuk Juara

“Sebagai aparatur sipil di daerah ini saudara-saudara harus bersatu kompak memiliki kepekaan tanggap dan memiliki kesetiaan yang tinggi serta sadar akan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Untuk itu saudara-saudara sekalian harus memiliki jiwa korps dan sanggup mengantarkan kode etik ASN antara lain, etika dalam bernegara, etika dalam berorganisasi, etika dalam kehidupan bermasyarakat, etika dalam diri sendiri dan etika pada sesama PNS,” katanya.

Menururnya, dengan momentum pengambilan sumpah ini, para ASN dituntut untuk berkomitmen dalam bekerjasama untuk kesejahteraan banyak orang, sehingga janji yang di ucapkan tidak hanya sekedar memenuhi persyaratan formal tetapi sekaligus sebagai janji kepada Tuhan, agar kemudian dijalankan secara sungguh-sungguh sebagai bentuk pengabdian dan ibadah kepada Tuhan yang maha kuasa.

Sementara itu ketua Panitia, A.D.E. Manafe mengatakan berdasarkan surat keputusan Wali Kota Kupang no BKTPBD.810/1224/D/7/2019 tentang pembentukan panitia penyelenggaraan sumpah ASN daerah lingkup pemerintah Kota Kupang tahun 2019 tanggal 31 Juni 2019.

“Tetapi kegiatan ini untuk mewujudkan ASN yang yang disiplin, jujur dan berintegrasi sesuai dengan undang-undang yang berlaku untuk mendukung semangat Ayo berubah dan mempersiapkan aparatur di lingkup pemerintah Kota Kupang menuju Kupang smart city dan smart PNS tahun 2024. Peserta yang di ambil sumpah sebanyak 70 orang,” katanya.

Baca Juga :  Wagub Beri Tips Manajemen Ritel untuk Pelaku UKM

Untuk diketahui para ASN ini dilantik ulang karena sejumlah SK milik para ASN hilang atau rusak, sehingga para ASN harus diambil sumpah/janji ulang. Karena dalam proses pengajuan kenaikan pangkat maupun permohonan pensiun dibutuhkan SK pelantikannya.(lya/eho)

Comments

comments