8 Destinasi Wisata di NTT Masuk Nominasi API 2020

0
39

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengikutkan delapan nominasi Ajang Pesona Indonesia (API) tahun 2020. Pemerintah Provinsi NTT minta dukungan seluruh masyarakat NTT agar delapan nominasi ini dapat menjadi yang terbaik.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Wayan Darmawan, Selasa (4/8/2020) saat konferensi pers.

Delapan destinasi itu yakni pertama kategori makanan tradisional terpopuler 2020 yakni makanan Se’i. Kedua destinasi belanja terpopuler 2020, Sentra tenun ikat Ina Ni. Ketiga wisata air terpopuler 2020, Island Hopping Pulau Meko. Keempat, dataran tinggi terpopuler 2020 Fulan Fehan. Kelima situs sejarah terpopuler 2020, Liang Bua di Ruteng. Keenam, Kampung Adat terpopuler 2020, Kampung Adat Namanya, Sabu. Ketujuh, Destinasi baru terpopuler 2020, Pulau Semau dan Kedelapan,Surga tersembunyi terpopuler 2020 yakni, Mulut Seribu, Rote Ndao.

“Kalau kita lihat NTT dari awal kita sudah melihat dan ini tentu kejelian dari Gubernur dan Wakil Gubernur mengangkat ikon mendorong pariwisata sebagai kekuatan kunci pembangunan NTT karena memang kita provinsi dengan destinasi kelas dunia terbanyak di Indonesia,” katanya

Baca Juga :  Tingkatkan Ekonomi Nelayan, Dinas Perikanan NTT Gandeng Swasta

Jadi masih banyak bisa kita explore dan kedepannya dengan gerak langkah perbaikan yang didorong oleh Gubernur tentu pencapaian itu bukan hal mustahil.

“Kita memiliki tantangan dan juga sekaligus harapan bagaimana delapan nominasi ini mampu mengulangi kesuksesan NTT tahun 2016 yang pernah menjadi juara,” ujarnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat NTT di manapun berada agar berperan aktif mendukung delapan destinasi itu, sehingga mendapatkan hasil terbaik dalam ajang pemilihan API 2020.

“Saya mengajak seluruh masyarakat NTT untuk terlibat memberikan dukungan, “ungkapnya. Caranya mudah ketik API (spasi) 1G untuk Se’i. API (spasi) 5H untuk Sentra Tenun Ikat Ina Ndao, API (spasi) E8 untuk Pulau Meko,. API (spasi) 10C untuk Fulan Fehan, API (spasi) 12F untuk situs Liang Bua, API (spasi) 13C untuk Kampung Adat Namata, serta APi (spasi) 17I untuk Semau, API (spasi) 18D untuk Mulut Seribu. Kirimkan masing-masing format tersebut ke nomor 99386. Belum bagi semua operator.

“Semakin tinggi partisipasi masyarakat semakin besar pula peluang berbagi nominasi asal NTT ini mendapatkan hasil terbaik periode voting dan pengiriman terbaik dukungan akan berlangsung dari 1 Agustus hingga 31 Desember 2020, “ujarnya.

Baca Juga :  Wali Kota Kupang Kunjungi Posko Pemuda GMIT

Menurutnya, penilaian yang dilakukan sangat ketat karena bersaing dengan 34 propinsi atas itulah kita punya keyakinan juga kalau kita dengan keterbatasan yang ada ternyata ada peningkatan-peningkatan signifikan yang kita lakukan.(lya)

Comments

comments