90 Petugas Lapas Kelas IIA Kupang Negatif Narkotika

0
45

KIBLATNTT.COM, KUPANG —  Sebanyak 90 Petugas Lapas Kelas IIA Kupang negatif narkotika. Hasil ini setelah para petugas mengikuti pemeriksaan urine di Lapas setempat, Sabtu (12/10/2019) lalu, sebagaimana rilis yang diterima kiblatntt.com, Selasa (15/10/2019) malam.

Kepala Lapas Kelas IIA Kupang, Baharudin dalam sambutannya sebelum dilakukan pemeriksaan urine bagi semua petugas di Lapas yang dipimpinnya menegaskan, pelaksanaan kegiatan ini merupakab bagian dari wujud komitmen dan peran aktif instansi pemerintah dalam pelaksanaan rencana aksi nasional P4GN (Pencehagan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) sesuai amanat Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018.

Karena itu, pemeriksaan urine ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Dharma Karyadhika Ke-74. Dimana Lapas Kelas IIA Kupang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP NTT) sesuai Surat Kepala Lapas Kelas IIA Kupang kepada Kepala BNNP NTT Nomor W22.PW.02.02.4533 perihal Permohonan tes urine Narkoba.

Pelaksanaan tes urine Narkoba untuk deteksi dini ini diawali dengan arahan dari Kepala Lapas Kelas IIA Kupang, Badarudin dan Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumhan NTT, Budi Situngkir.

Baca Juga :  Wagub Minta Aparatur BPBD Bekerja Dengan Hati

Badarudin menambahkan, kegiatan tes urine di lingkungan Lapas Kelas IIA Kupang ini telah rutin dilaksanakan minimal dua kali setiap tahunnya untuk memastikan setiap petugas pemasyarakatan bersih dari penyalahgunaan narkoba serta sebagai upaya menciptakan aparatur negara yang bersih dan berwibawa dalam pembangunan zona integritas untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan Lapas Kelas IIA Kupang.

“Mengingat saat ini Lapas menjadi sorotan publik karena banyak kasus – kasus Narkoba yang terjadi di Lapas termasuk banyak oknum lapas yang terlibat dalam kasus narkoba,” katanya.

Sebelum tes urine dimulai, Kabid P2M (Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat) Hendrik J. Rohi, SH.,MH memberikan arahan singkat tentang prosedur dan teknis proses pelaksanaan tes urine kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan urine yang dipimpin oleh Kasie Pemberdayaan Masyarakat, Lia Novika Ulya, SKM) dan pengambilan Pot Urine pertama dimulai dari Kepala Lapas Kelas IIA Kupang, yang disaksikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan kemudian diikuti oleh pejabat dan seluruh petugas pemasyarakatan.

Baca Juga :  Albert Riwu Kore Pimpin INI wilayah NTT

Selanjutnya, Lapas Kelas IIA Kupang akan terus mendukung dan berkomitmen dalam upaya P4GN dan berencana akan melakukan kerja sama lebih lanjut melalui Perjanjian Kerja Sama tentang P4GN di lingkungan Lapas Kelas IIA Kupang. Kegiatan di akhiri dengan foto bersama petugas Lapas dan Tim BNNP NTT.(*/lya)

Comments

comments