Albert Riwu Kore Pimpin INI wilayah NTT

0
752

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Albert Riwu Kore terpilih untuk memimpin Ikatan Notaris Indonesia (INI) Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk masa jabatan 2019-2022 mendatang. Albert berjanji akan menjabarkan program kerja Pengurus Pusat (PP) INI dan juga menegakkan etika profesi Kenotariatan di NTT.

Albert Riwu Kore terpilih sebagai Ketua Pengurus Wilayah INI Wilayah NTT setelah mendapatkan suara terbanyak dalam Konferensi wilayah (Konferwil) yang berlangsung di Hotel Aston Kupang, Sabtu (5/10/2019). Dalam pemilihan kali ini, Albert berhasil unggul atas kandidat ketua INI wilayah NTT lainnya, Yera Abe Pah.

Kepada kiblatntt.com, di Hotel Aston Kupang, Albert Riwu Kore mengatakan program-program kedepan dalam kepengurusannya adalah melakukan penjabaran program-proram Pengurus Pusat (PP) INI, karena bagaimanapun, wadah Pengwil merupakan bagian integral dari PP INI.

“Selain penjabaran program-program PP INI yang akan kami laksanakan terus ke daerah juga akan kami suport. Kemudian program-program kita sendiri ada yaitu program untuk pembangunan kantor sekretariat, penegakan etika dan profesi dari pada anggota-anggota notaris yang pada saat ini perlu kita tingkatkan, sehingga lebih baik lagi dalam memeberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :  Kota Kupang Ujung Tombak Pariwisata NTT

Sementara itu, seksi Humas INI Wilayah NTT, Elia Isack secara terpisah mengatakan, Albert terpilih setelah melalui pemilihan, karena dalam pengusulan nama kandidat ketua INI wilayah NTT, terdapat dua nama yang diusulkan lima pengurus daerah (Pengda) yakni Yera Abe Pah dan Albert Riwu Kore.

“Untuk Albert dan Yera diusulkan dari Pengda Kota Kupang, Yera Abe dari Pengda Timor, Pengda Flores I dan Albert dari Pengda Flores II,” katanya.

Kedua kandidat ini kemudian bersaing dengan memaparkan visi misinya apa yang akan mereka lakukan kedepan terhadap organisasi ini kedepan, dengan mempertimbangkan tantangan yang diberikan Plt Sekda Kota Kupang, Eli Wairata saat pembukaan Konferwil.

“Tantangan jaman kita sekarang notaris sudah bekerja banyak bersentuhan dengan aplikasi E comers oleh karena itu kedepan, pimpinan INI NTT mau membawa organisasi dan anggota-anggota ini menuju kemana,” jelasnya.

Lebih lanjut, kedua kandidat ini juga ditantang untuk memiliki visi bahwa intregitas dari pada notaris itu yang harus mereka perjuangkan, karena banyak sekali notaris -notaris terdampak tidak pidana. Padahal sebenarnya notaris ini hanya menerima apa yang ingin di perjanjikan oleh para pihak.

Baca Juga :  Bahan Galian C Berhamburan Di Jalan, Pengusaha Dinilai Tak Bertanggung Jawab

“Sebenarnya ketika sudah ditanda tangani dalam akta otentik, sudah tidak ada kaitan dengan notaris lagi, karena alat pembuktiannya sudah di serahkan kepada pihak yang mengajukan. Tetapi biasanya para penyidik mengikut sertakan notaris dalam bagian tanggung jawab, sehingga ini yang harus diperjuangkan Pengwil INI wilayah NTT ke depan,” urainya.

Dijelaskannya, total notaris di NTT kurang lebih 98 orang. Namun hanya 80 orang yang hadir dalam Konferwil dan yang menggunakan hak pilihnya 73 orang. Para notaris ini berasal dari lima Pengda yaitu Pengda Kota Kupang, Pengda Kabupaten Kupang, Pengda daratan Timor, Pengda Flores I, dan Pengda Flores II.(lya/eho)

Comments

comments