BNNP NTT Gelar Desiminasi Informasi Melalui Talkshow

0
43

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Badan Narkotik Nasional Provinsi (BNNP) NTT menggelar Kegiatan desiminasi informasi melalui talkshow/tatap muka “Berkreasi tanpa narkoba bersama REAN.ID” dan sekaligus melauching Akun Rumah Edukasi Anti Narkoba (REAN.ID) peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari wartawan, orang muda dari kelompok masyarakat Leko dan mahasiswa dari IMALLA

Demikian dikatakan Kabid P2M BNNP NTT, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Hendrik J. Rohi, Selasa (27/10/2020) di Hotel Neo Aston Kupang. Ia mengatakan BNNP NTT mengajak generasi muda milenial untuk berkreasi tanpa narkoba.

“REAN.ID merupakan aplikasi dari BNN sebagai sebuah program strategis dalam mencegah penyalahgunaan narkoba oleh generasi muda NTT, “katanya.

Di hadapan peserta kaum milenial mahasiswa dari berbagai perguruan dan juga para wartawan, Hendrik mengatakan, REAN.ID murupakan rumah orang muda untuk berkreasi dalam menyampaikan informasi atau mempromosikan bahaya narkoba dengan sasaran anak muda sebagai generasi bangsa. Bila generasi muda hancur karena narkoba bisa menjadi tantangan masa depan negara. Karena itu aplikasi ini sebagai media informasi dan edukasi”.

Baca Juga :  Dandim 1604/Kupang Kunjungi Lokasi Pembibitan dan Penanaman Lamtoro Teramba

Menurutnya, pada era milenial sekarang banyak informasi media sosial yang berisikan konten negatif, termasuk masalah narkoba yang bisa menghasut generasi muda bisa cepat percaya. Pada informasi itu banyak hoaksnya. Informasi yang benar adalah data yang telah diolah untuk diambil kesimpulannya, mengungkapkan fakta yang dapat dipercaya.
Karena itu, sebut dia, aplikasi REAN atau yang merupakan akronim dari Rumah Edukasi Anti Narkoba digelar dalam talkshow diharapkan wartawan yang hadir dapat menjadi komponen kekuatan untuk memberikan informasi yang baik, benar sebagai bentuk edukasi.

Sementara itu, Markus Djara, Kepala Seksi Pencegahan Narkoba BNNP NTT mengatakan, kasus narkoba di NTT sekarang termasuk paling rendah 0,10 persen di Indonesia. Semuanya ini bukan hanya karena kerja BNNP NTT tapi keterlibatan semua pihak, termasuk kontribusi besar wartawan dari berbagai media, cetak, elektronik maupun online. Karena itu, perkenalan aplikasi REAN.ID sangat diharapkan para wartawan untuk mempublikasikan agar banyak anak muda di NTT bisa berkreasi.

Tujuan REAN.ID adalah terjalin KITABiSACEGAH dengan remaja yang terlibat langsung dalam proses produksi konten pencegahan (Co-produce) dan tersedianya media bagi remaja untuk berekspresi dalam pencegahan anroba, terbentuknya jari diri remaja sebagai role model pencegahan narkoba (Co-brand), dan terbangun literasi informasi dan edukasi pencegahan narkoba bagi remaja (Co-respon) (lya)

Baca Juga :  BPJamsostek Lindungi Petugas Sensus NTT dengan Dua Program

Comments

comments