BNNP NTT Terus Lakukan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba

0
271

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Berdasarkan kegiatan penguatan lembaga rehabilitasi instansi pemerintah yang dilaksanakan Bidang rehabilitasi BNNP NTT telah melakukan layanan rehabilitasi penyalahgunaan, korban penyalahgunaan dan pecandu narkotika pada fasilitas rehabilitasi instansi pemerintah sebanyak 60 orang dengan capaian realisasi sebanyak 58 orang atau sebanyak 93,33 persen.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP NTT, Stef Joni Didok, Selasa (12/11) saat jumpa pers di Kantor BNNP NTT. Ia mengatakan untuk penanganan pecandu yang terkait proses hukum dilakukan asesmen melalui tim asesmen terpadu (tim hukum dan medis) beranggotakan personil BNNP NTT, Polda NTT, Kejaksaan Tinggi NTT dan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT dengan target 12 orang realisasi delapan orang (66,67 persen).

Penguatan lembaga rehabilitasi instansi pemerintah yang telah dilaksanakan bidang rehabilitasi BNNP NTT sebanyak 12 fasilitas dan peningkatan kemampuan bagi petugas rehabilitasi sebanyak 25 orang melalui latihan intervensi psikososial.

 

“Lembaga untuk rumah sakit daerah ada enam yaitu RSUD Naibonat, RSUD SoE, RSUD Kefamenanu, RSUD Kalabahi, RSUD TC. Hilers Maumere, dan RSUD Umbu Rara Meha Waingapu. Untuk Puskesmas tiga fasilitas yakni Puskesmas Sikumana Kota Kupang, Puskesmas Labuan Bajo dan Puskesmas Uma Nen. Kemudian untuk klinik Pratama tiga fasilitas yakni Klinik Pratama BNNP NTT, Klinik Pratama BNN Kota Kupang dan Klinik Pratama BNNK Belu, sehingga seluruhnya ada 12, sedangkan petugas rehabilitasi sebanyak 25 orang,” katanya.

Baca Juga :  Kontraktor CV. Rasa Sayang Terkesan Tidak Bertanggung Jawab

Selanjutnya untuk bidang rehabilitasi BNNP tahun 2019 melakukan penguatan terhadap lembaga rehabilitasi milik komponen masyarakat yang operasional sebanyak empat yayasan yaitu Yayasan Warna Kasih di Kota Kupang, Yayasan Mensa Lembaga, Yayasan Yakestra Maumere, Yayasan Mitra Harapan SoE.

Berdasarkan kegiatan penguatan lembaga rehabilitasi komponen masyarakat yang telah dilaksanakan di bidang rehabilitasi BNNP NTT terhadap layanan rehabilitasi penyalahguna, korban penyalahguna dan pecanduan narkotika pada fasilitas rehabilitasi komponen masyarakat sebanyak 10 orang sementara dalam proses kelam oleh Yayasan Mensa Lembata.

“Jumlah penyalahguna dan pecandu narkotika yang di targetkan untuk pascarehabilitasi sebanyak 60 dan semuanya berhasil direhabilitasi,” tandasnya.(lya)

Comments

comments