BPJS Jamin Pelayanan Kesehatan Bagi Pemudik

344
1469

Kupang — Warga yang melakukan mudik hari raya idul fitri 2018, tepatnya H-8 sampai H+8 tidak perlu merasa kuwatir, pasalnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan jaminan kepada masyarakat, terutama peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Demikian dikatakan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kupang, Fauzi Lukman Nurdiansyah, Senin (4/6/2018) saat jumpa pers dan buka puasa bersama wartawan di Aula BPJS NTT.

“Peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir, karena saat libur pun tetap berhak menerima pelayanan kesehatan sesuai dengan prosedur yang disepakati dengan fasilitas kesehatan yang memadai. “Prinsip portabilitas pada program JKN-KIS bisa dirasakan saat mudik lebaran,” ungkapnya.

Dijelaskannya bahwa peserta JKN-KIS yang berada di luar kota dapat mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas tingkat pertama (FKTP), walaupun peserta tersebut tidak terdaftar di FKTP tersebut. Ini merupakan bentuk perhatian BPJS kesehatan melalui perjanjian kerjasamanya dengan Faskes.

Lannutnya, Faskes tidak berhak menarik biaya tambahan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP non Puskesmas (Klinin Pratama dan Dokter Perorangan) yang membuka pelayanan kesehatan. Apabila tidak terdapat FKTP yang memberikan pelayanan saat libur lebaran, maka peserta tersebut dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

Baca Juga :  Baru Terbentuk, Marapu Jeep Sumba Lakukan Aksi Nyata

“Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang betlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani tanpa ada biaya,” jelas Fauzi.

Ia juga kembali mengingatkan agar para peserta JKN-KIS agar membawa serta kartu peserta saat mudik. Karena, menurut dia, pelayanan tersebut hanya diberlakukan bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaan aktif. Sehingga, para peserta diingatkan juga untuk disiplin membayar iuran kepesertaan.

Di samping itu, katanya selama libur lebaran 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care center 1500 400 yang beroperasi 24jam termasuk hari minggu dan libur, untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukn konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), pendaftaran peserta JKN-KIS, pendaftran bayi baru lahir kategori PPU anak pertama sampi dengan anak ketiga dan bayi peserta PBI-APBN serta mengetahui perhitungan denda pelayanan. Kantor Cabang BPJS Kesehatan tertentu juga akan tetap beroperasi pada tanggal 11,12,13,14,18,19, dan 20 Juni 2018 dari pukul 08.00-12.00. (lya/qi)

Baca Juga :  Kontraktor CV. Rasa Sayang Terkesan Tidak Bertanggung Jawab

Comments

comments