Charity Concert “Sembilu di Negeri Palu”

0
165

Kupang — Bangsa Indonesia berduka tatkala Palu dan Donggala dihantam tsunami pada Jumat, 28 September silam. Ribuan nyawa manusia terenggut, puluhan ribu warga
mengungsi, rumah, sekolah dan banyak fasilitas umum hancur porak-poranda.

Sebagian wajah bumi sulawesi ikut hancur.
Memang bencana selalu mendatangkan duka dan nestapa. Meskipun demikian, bantuan datang dari sesama. Sesama yang berjiwa nasionalisme, layaknya pahlawan di tengah bencana. Simpati dan empati terus mengalir kepada masyarakat Palu dan Donggala, kontribusi bantuan diberikan dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Karena semua meyakini ini adalah tugas anak bangsa untuk meringankan beban sesama yang membutuhkan.

Dalam rangka membantu saudara-saudara yang mengalami musibah di Palu dan Donggala, TNI AU LANUD El Tari Kupang dan Jemmy Dance Academy mengadakan Charity Concert dengan tema “Sembilu di Negeri Palu” yang akan diadakan pada hari Sabtu, 1 Desember 2018 pada pukul 18.00 bertempat di LANUD Eltari Kupang.

Demikian dikatakan, Winner Dance Of Indonesia’s Got Talent , Jemmy Pratima Gong, Jumad (23/11/2018).

Baca Juga :  Komunitas Marapu Jeep Sumba Bertekad Bantu Masyarakat

Seni Pertunjukan Duka Nasional “ Sembilu di Negeri Palu” merupakan perpaduan seni tari,
musik, teater bernuansa kontemporer serta memiliki nilai sosial dan edukasi. Empathy
charactec building adalah salah satu poin penting edukatif yang ditawarkan dari pertunjukan seni ini.

Pembangunan karakter terutama nilai empati akan meningkatkan kepedulian terhadap
tingkah laku yang diperbuat dan bagaimana memperlakukan orang lain. Karya ini diawali dengan menampilkan keindahan alam indah Indonesia dalam bentuk shadow dance serta beberapa aktivitas masyarakat Palu seperti bertani, berdagang di pasar, aktivitas belajar mengajar di sekolah, permainan tradisional, dan keramaian transportasi serta latihan
baris berbaris para anggota TNI.

Di tengah aktivitas yang sedang berlangsung, muncullah sinyal yang menandakan akan datang bencana yang menimbulkan hiruk pikuk ditengah masyarakat.

Kekhawatiran menjadi nyata. Gempa bumi melanda Palu dan sekitarnya menelan banyak
korban disusul dengan dashyatnya tsunami yang digambarkan dengan tata artistik panggung dan nuansa musik yang menghipnotis penonton sebagai adegan klimaks dalam karya ini.

Pasca bencana diatas panggung digambarkan melalui persembahan lagu liris dari beragam
keyakinan yang menunjukkan bahwa walaupun berbeda-beda tetap satu – Bhineka Tunggal Ika.

Baca Juga :  Wali Kota Kupang Terima Kunjungan Siswa SMP Kristen Generasi Unggul

“Selain itu, pada akhir adegan dari pagelaran kolosal ini kita diajak untuk merefleksikan
perenungan diri bagaimana kita seharusnya tetap optimis bersatu dan membangun bangsa ke arah yang lebih baik secara bersama-sama walaupun dalam kondisi terpuruk. Kita pun diajak untuk menghormati para pahlawan masa kini yang rela membantu sesama dalam lagu syukur yang khidmat,” katanya.

Menurutnya, Konser amal ini berlangsung berkat kerjasama antara TNI AU LANUD Eltari Kupang dengan Jemmy Dance Academy.

Adapun pihak lain yang membantu menyukseskan pagelaran ini antara lain : Prodi Sendratasik Universitas Widya Mandira Kupang, Sekolah Angkasa, SMA
Sint Carolus, J&D Production, Media Kita, Taman Budaya Provinsi NTT, Teater Satu Timor, NTT Dance Club, serta seluruh masyarakat NTT yang menyaksikan pagelaran ini.

Untuk info dan pembelian tiket konser amal ini dapat menghubungi Kung Opa: 0811 3831 313 dan Bpk. Maulana 081513101090. (lya/qi)

Comments

comments