Dandim 1604/Kupang: TMMD Harus Semakin Baik

0
88

Komandan Kodim 1604/Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P beri pengarahan kepada anggota Kodim 1604/Kupang yang akan melaksanakan satgas TMMD Ke-108 TA. 2020, bertempat di Aula serbaguna Makodim 1604/Kupang, Jln. Mohammad Hatta Kel. Fontein Kec. Kota Raja Kota Kupang, senin (04/05/2020).

Dalam pengarahannya, Dandim 1604/Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P menyampaikan kepada semua komponen yang akan tergabung dalam Satgas TMMD Ke-108 TA. 2020. Sejarah TMMD tidak lepas dari perjuangan bangsa kita dalam kemerdekaan. TMMD merupakan suatu operasi. Dulu awal pertama dilaksanakannya pada tahun 1980 dengan namanya ABRI Masuk Desa (AMD). Kemudian setelah era reformasi diganti dengan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Di dalam TNI-AD ada dua kegiatan yaitu Bin Kuat dari Mabesad dan Gun Kuat dari Mabes TNI, Sedangkan TMMD ini masuk dalam Gun Kuat dari Mabes TNI tergolong operasi bukan kegiatan rutin. Nilainya sama dengan operasi perbatasan atau daerah rawan, dengan rincian operasi dilaksanakan waktu tertentu.

Baca Juga :  PSMTI NTT Akan Gelar Pentas Seni Tionghoa

Saya selaku Dansatgas, menekankan meskipun kita melaksanakan kegiatan TMMD ini setiap tahun, saya harapkan supaya lebih baik lagi. Saya mengutip Kata bijak Sun Tzu “Know your self, know the enemy. A thousand battles, a thousand victories.” Kenali dirimu, kenali musuhmu. Seribu pertempuran, seribu kemenangan. Kegiatan TMMD jangan dijadikan kesempatan yg tidak baik, saya tidak mau kesatuan kita dikotori dengan tangan kita sendiri. Oleh karena itu, saya mengajak mari kita sesuaikan kerja dengan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing, utamakan kebersamaan, kegotong royongan, tidak bekerja secara individu atau satuan, jauhkan sikap ego sektoral, kita semua bekerja atas nama Satgas TMMD,” ujar Dandim.

“Disamping kita membangun fisik, ada juga sasaran non fisik. Bagaimana membentuk TNI kemanunggalan rakyat tetap berinterakasi dengan masyarakat salah satunya dengan 8 wajib TNI. Bersama rakyat mari kita bangun peradaban yang lebih mulia, mari kita saling peduli membantu masyarakat demi kemanunggalan TNI – Rakyat. Jaga Profesionalisme TNI, ini adalah bentuk nyata dari serbuan teritorial dalam memperkokoh hubungan silahturrahmi antara TNI dan masyarakat,” tegas Dandim. (*/lya)

Baca Juga :  Wali Kota Kupang Pimpin Apel Siaga Bencana 2020

Comments

comments