Delapan Kabupaten Sudah Tantatangani NPHD

0
176

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Delapan dari sembilan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan menyelenggarakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) dalam Pemilukada serentak tahun 2020 mendatang sudah menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Demikian dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, Thomas Dohu Senin (14/10/2019) saat Jumpa pers di Aula KPU NTT. Ia mengatakan delapan Kabupaten tersebut masing-masing Sabu Raijua tanggal 16 September 2019, Timor Tengah Utara (TTU) tanggal 28 September 2019, Malaka tanggal 1 Oktober 2019, Sumba Timur tanggal 1 Oktober 2019, Belu tanggal 2 Oktober 2019, Ngada tanggal 5 Oktober 2019, Sumba Barat tanggal 7 Oktober 2019, Manggarai Barat tanggal 11 Oktober 2019. Sementara Kabupaten Manggarai sampai saat ini belum menandatangani NPHD.

“Penandatanganan NPHD oleh Bupati dan ketua KPU Kabupaten pada delapan kabupaten tersebut dilakukan setelah KPU bersama tim anggaran pemerintah daerah setempat melakukan pembahasan bersama terhadap rencana kebutuhan anggaran pemilihan serentak 2020 yang diajukan oleh KPU kabupaten dengan merujuk pada standar harga dan kebutuhan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang ditetapkan ketua KPU setelah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan,” katanya

Baca Juga :  Pembangunan Rumah Makan FCB Disinyalir Melanggar Aturan

Menurutnya, KPU Provinsi NTT yang memiliki tugas koordinasi menindaklanjuti kondisi tersebut dengan membangun komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah provinsi sehingga pada 27 September 2019 yang lalu Pemerintah provinsi memfasilitasi pertemuan antara sembilan kabupaten dengan pihak pemerintah kabupaten yang juga dihadiri KPU provinsi di kantor Gubernur NTT.

“Salah satu kesepakatan yang diajukan Pemprov adalah KPU kabupaten dan pemerintah kabupaten melalui TAPD masing-masing untuk segera membahas bersama kebutuhan anggaran pemilihan dan menandatangani NPHD paling lambat 10 Oktober 2019 alhasil sekembalinya dari pertemuan tersebut beberapa kabupaten telah melakukan pembahasan bersama dan menandatangani NPHD kecuali Kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai,” ungkapnya.

Menyikapi kondisi di sejumlah Kabupaten/Kota di Indonesia yang cukup signifikan belum menandatangani NPHD Kemendagri pada 7 Oktober 2019 yang lalu melaksanakan rapat koordinasi evaluasi pendanaan Pemilukada tahun 2020 dengan mengundang para bupati/wali kota dan Ketua KPU kabupaten/kota yang belum tanda tangan NPHD dan khusus NTT dihadiri ketua KPU Manggarai Barat dan Manggarai.

Berdasarkan laporan dari KPU Manggarai Barat kepada KPU Provinsi NTT, KPU setempat bersama Pemda telah membahas bahkan menandatangani NPHD tanggal 11 Oktober 2019. Sementata untuk Kabupaten Manggarai sampai berita ini dipublikasikan belum dilakukan penandatanganan NPHD antara Bupati dan ketua KPU Manggarai.

Baca Juga :  Pemkot Kupang Sosialisasikan SIOLA Kepada ASN

“KPU Manggarai dalam laporannya kepada KPU Provinsi NTT menyebutkan sepulangnya dari Jakarta pihaknya langsung berkoordinasi dengan Pemda Manggarai untuk menyampaikan pengajuan kesepakatan pada rakor di Kemendagri termasuk deadline jadwal penandatanganan NPHD paling lambat tanggal 14 Oktober 2019,” katanya.

Ia menjelaskan Pemda Manggarai telah menerima rincian kebutuhan anggaran yang diajukan KPU Manggarai bahwa KPU Manggarai sudah dua kali berinisiatif mengundang untuk membahasnya dan hasilnya KPU Manggarai menyiapkan dua skenario usulannya RP 34 Miliar untuk 750 TPS dan Rp29 Miliar untuk 700 TPS.

“Namun pada pertemuan bersama tanggal 11 Oktober 2019 Pemda Manggarai menyatakan hanya menyanggupi Rp 15,225 Miliar sesuai kemampuan keuangan daerah untuk membiayai kebutuhan pendanaan Pemilukada Manggarai dengan rincian kebutuhan tahun 2019 sebesar Rp 225 juta, sebagaimana telah dituangkan dalam berita acara pembahasan bersama sementara untuk kebutuhan tahun 2020 belum dibahas bersama antara Pemkab dengan KPU Manggarai. Akibatnya sampai saat ini belum dilakukan penandatanganan NPHD,” katanya.(lya).

Comments

comments