Dinas Koperasi Kota Kupang Berikan Pelatihan Aneka Kuliner Bagi Pelaku UMKM

0
73

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Koperasi, usaha kecil dan menengah Kota Kupang mengadakan pelatihan aneka kuliner bagi pelaku usaha kecil menengah se-kota Kupang. Kegiatan pelatihan ini berlangsung dari tanggal 16-19 Desember.

Kabid Pemberdayaan UKM Kota Kupang Rika Sugara, Kamis (17/12/2020) di Aula SMA 3 Negeri Kupang mengatakan, pelatihan ini diselenggarakan untuk pelaku UKM yang bergerak di bidang kuliner.

“Untuk memberi tambahan pengetahuan memberikan mereka berbagai olahan aneka kuliner yang memenuhi standar kesehatan, proses pengelolaannya juga mempergunakan bahan-bahan baku yang ada di sekitar kita dan bisa di olah menjadi berbagai aneka kuliner, “katanya.

Ia menjelaskan pelatihan ini untuk menambah pengetahuan, menambah wawasan bahwa yang disekitar kita juga bisa mereka pakai untuk berusaha.

“Setelah ini memang tidak ada tambahan modal dari kami tapi setelah ini mereka menjadi binaan kami. kami tetap mengikuti perkembangan mereka tetap memantau perkembangan mereka sebisa mungkin bisa kami memfasilitasi usaha mereka misalanya dengan ada instansi teknik lain yang punya bantuan berkenaan dengan usaha mereka kita bisa membantu memfasilitasi dan terutama kita bantu memfasilitasi memasarkan untuk mereka secara online baik itu lewat media elektronik maupun lewat media-media yang lain,” ujarnya.

Baca Juga :  Wakil Wali Kota Kupang Terima Kunjungan Kepala BPS

Ia juga mengakui kalau mereka juga punya grup online untuk pelaku UKM se NTT nanti kita pasarkan bantu mereka untuk memasarkan setelah ini mereka semua kita akan masukan dalam anggota grup sehingga mereka bisa saling searing bisa saling berbagi bisa sekaligus memasarkan prodak mereka.

“UKM yang rill yang kami punya yang ada sekarang yang artinya terus-menerus mereka berusaha yang aktif itu sekitar 3000 lebih, “tegasnya.

Menurutnya, banyaknya UKM yang kita punya Sebenarnya ada 17 ribuan tapi kebanyakan musiman artinya kayak sekarang kalau mau natal banyak orang yang buat kue nanti kalau mau ada musim apa lagi mereka buat lagi.

“Meŕeka kebanyakan bukan berbisnis mereka berusaha untuk memenuhi kebutuhan saja. kami sementara membina mereka dan peserta sehingga mengeluti usaha itu betul-betul untuk berusaha bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan, “ungkapnya.

peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 50 peserta dari semua kelurahan yang ada di kota Kupang. kami punya data base dan berdasarkan survei di lapangan. (lya)

Baca Juga :  Rayakan HUT ke-75 Proklamasi ditengah Pandemi, Pemprov Lakukan Upacara Terbatas

Comments

comments