Dinas PK Kota Kupang Kampanyekan Gerakan Lingkungan Bersih

0
68

Kupang — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan kegiatan jalan santai sambil mengkampanyekan gerakan kebersihan lingkungan khususnya di sekolah.

“Kegiatan ini terkait dengan 17 Agustus dan memperingati dua tahun kepemimpinan Wali Kota Kupang dan Wakil Wali Kota Kupang yang akan jatuh pada tanggal (22/8). Kegiatannya akan dilaksanakan tanggal 6 Agustus,” tutur Sekretaris Dinas PK Kota Kupang, Dumul Djami, Senin (5/8) diruang kerjanya.

Ia mengaku selain jalan santai, pada tanggal 9 Agustus, Dinas PK akan melakukan pembersihan di seputaran pantai sotis dan di sekolah-sekolah.

Lebih lanjut Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) Okto Niatboho menjelaskan gerakan tersebut terinspirasi oleh tagline Kota Kupang “ayo berubah” sehingga Dinas PK mengambil sup tema “menuju yang bersih dan sehat”.

“Harapan kami kalau gerakan ini membudaya dan menumbuhkan kesadaran oleh seluruh stakeholder Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Kupang paling kurang memberi warna perubahan yang signifikan untuk menggeser posisi kota Kupang yang mendapat label sebagai kota terkotor nomor urut tiga.

Baca Juga :  Komisi III Apresiasi Kinerja PT Jamkrida NTT

Tujuan deklarasi ini, katanya, mengumumkan kepada publik bahwa dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Kupang melalui sekolah-sekolah siap berubah menjadi sekolah yang bersih dan sehat. Kemudian menumbuhkan budaya bersih bagi siswa, guru dan Kepala sekolah disatuan pendidikan masing-masing.

Okto Niatboho mengaku Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan piala Adiwiyata yang akan di serahkan langsung oleh Wali Kota Kupang usai perayaan acara 17 Agustus.

“Ini juga dalam kerangka memperingati HUT proklamasi kemerdekaan ke 74 sehingga disiapkannya piala kepada sekolah-sekolah terbersih jenjang SD satu piala, dan SMP satu piala selain itu juga ada sertifikat sebagai bentuk dukungan bagi sekolah-sekolah agar kedepannya kegiatan-kegiatan serupa terus digalakkan,” jelasnya. (lya)

Comments

comments