Dishub Kota Kupang Segera Launching Pemanfaatan Lima Bus Kota

0
75

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Dinas perhubungan Kota Kupang Jumat akan melauching lima Bis untuk melayani masyarakat Kota Kupang dengan rute Terminal Kupang ke Undana. Ada juga rute Kupang Tenau, Kupang – Terminal Belo.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere, Kamis (27/8/2020) di ruang kerjanya. Ia mengatakan ini sebenarnya rute lama. Rute ini juga sebenarnya untuk membantu beberapa angkutan dengan tidak adanya kebijakan peremajaan angkutan kota maka banyak angkutan kota tidak beroperasi sehingga bis menjadi alternatif untuk membantu mengurangi kemacetan kalau angkutan kota kita bisa beroperasi.

“Sebenarnya dengan menggunakan bis bisa menghemat tiga sampai empat angkutan kota karena angkutan kota kita kuatnya sampai dengan tujuh sampai 10 orang maka bis bisa beroperasi sampai 30 orang makanya bisa menghemat tiga sampai empat angkutan kota, “katanya.

Ia menjelaskan kelima bis ini rutenya beda-beda. Koperasi yang atur operatornya dan mereka menggunakan jam jadi misalnya dari terminal Kupang jam 8 kemudian sampai di sana itu kita sudah hitung satu jam tapi karena dia jalannya menggunakan jam maka jam 9 baru keluar dari sana.

Baca Juga :  Mulai dari SBD, Ratu Wulla Bagikan Paket Sembako bagi Warga Sumba

Inikan layanan premium-nya jalannya tidak terlalu cepat sekali dan tidak terlalu lambat sekali tapi orang bisa menikmati. Kita menggunakan manajemen waktu. Mendidik orang harus menggunakan waktu tapi juga kita mau orang itu harus aman, nyaman dan selamat sampai tujuan, “tegasnya.

Menurutnya semua wajib bayar dengan subsidi dari pemerintah 50 persen jadi kalau misalnya biayanya 6000 ribu kita hanya bayar 3000 ribu saja.harganya sama untuk semua umur. Di dalam bis ada duduk ada juga yang berdiri. kapasitasnya kita tidak bisa overload kita musti pas. Di dalam kendaraan itu kita harus menjadi acuan jadi contoh buat orang lain. Misalnya kalau yang tua-tua naik yang muda harus berdiri etika dan norma musti di perhatikan disitu.

“Bis ini akan beroperasi dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore diatasi jam lima sore kita tidak beroperasi lagi karena kita tidak ambil resiko oleh karena kita belum yakin betul keamanan dan keselamatan bis karena ketika mereka sudah ambil ini jalur kemungkinan ada juga orang yang merasa kurang dari mereka punya jatah tapi nanti kita lihatlah dan berupaya. Kalau ini antara perpanjangan layanan publik dan bisnis maka kita punya harapan tidak boleh mengganggu dua misi ini kalau bisa berimbang, “ujarnya.

Baca Juga :  5 Puskesmas di Kota Kupang dapat Bantuan Sepeda Motor

Shelternya juga kita belum siap sehingga kedepan kita mendorong untuk supaya ke depan pemerintah menyediakan shelter yang layak untuk para pengguna jalan yang akan menggunakan bis. (lya)

Comments

comments