Diskop UKM Kota Kupang serahkan 80 Alat Tenun dan Delapan Mesin Pipih Jagung

0
68

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Kupang menyerahkan 80 alat tenun dan delapan mesin pipih jagung kepada pelaku UKM se-Kota Kupang. Penyerahan bantuan alat tenun dan mesin pipih jagung yang dirangkai dengan pelatihan ini dilakukan untuk merangsang pertumbuhan usaha berskala kecil di Kota Kupang.

Demikian dikatakan Wali Kota Kupang Jefrry Riwu Kore yang di bacakan Kepala Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Kupang Eben Ndapamerang, Senin (25/11) di Aula LPMP. Ia mengatakan kegiatan pelatihan dan pemberian bantuan bagi UKM sesungguhnya merupakan salah satu terobosan penting dari proses pembekalan guna memacu perkembangan usaha berskala kecil. Dalam bidang usaha yang digelutinya. Dengan asumsi bahwa, kegiatan ini harus dimaknai sebagai momentum yang tepat bagi pelaku usaha kecil untuk melakukan proses pembelajaran terhadap aspek yang berkaitan dengan kondisi dan perkembangan usaha yang digeluti hingga saat ini.

“pelatihan seperti ini menurut saya sangatlah penting dilakukan karena era multi kompetisi dewasa ini menuntut setiap lembaga perekonomian apa saja termasuk UKM, untuk dapat meningkatkan dan membenahi berbagai aspek, baik yang berkaitan dengan perencanaan usaha, operasionalisasi usaha, sumber daya manusia, sarana prasarana maupun permodalan, di samping berbagai strategi Inovasi dan terobosan baru untuk menyiasati Kancah persaingan dewasa ini, “katanya.

Menurutnya dalam pelaksanaan pelatihan yang diadakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah kota Kupang perlu dilakukan tahapan bimbingan tentang sejauh mana progres usaha para pelaku usaha itu sendiri terhadap usaha yang digelutinya karena sesuai dengan tujuan utamanya maka usaha apapun itu benar-benar disebut berhasil apabila pelaku usaha telah mengalami peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup yang berarti. Seyogyanyalah kegiatan yang sarat makna seperti ini dapat menjadi salah satu solusi penting yang bisa menstimulasi dan mengarahkan pada pelaku usaha kecil untuk mencapai taraf usaha dan kehidupan perekonomian yang Madani.

Baca Juga :  Perayaan Hari Lahir Rote Ndao Harus Merujuk pada Undang-Undang

“Saya ingin menggarisbawahi beberapa hal penting agar menjadi perhatian bagi seluruh peserta pelatihan yaitu menciptakan lapangan usaha yang sehat tidaklah mudah dan membutuhkan konsistensi dan keseriusan dalam pengelolaan baik dari rencana penggarapan hingga pada Pemasaran dengan kata lain pandai-pandailah dalam melihat peluang usaha dan pasar sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang paling menentukan maju mundurnya usaha untuk itu teruslah memberikan teruslah membekali diri dengan kemampuan profesionalitas serta skill yang memadai dan mampu menjadi inovator dalam bidang usaha sehingga dengan sendirinya mampu mengembangkan usaha yang digeluti seiring tuntutan dinamika dan perkembangan perekonomian di dewasa ini menyikapi berbagai keterbatasan dan kendala yang membatasi ruang lingkup inisiatif dan prakarya antara pemerintah dan para pelaku ekonomi berskala kecil saya berharap kiranya melalui kegiatan pelatihan dan pemberian bantuan ini paling tidak akan terjawab beberapa permasalahan substansi yang berkaitan dengan pemberdayaan usaha kecil karena seiring dengan kegiatan ini pemerintah akan memberi bantuan berupa alat tenun dan pemipih jagung kepada peserta pelatihan Saya minta kepada saudara-saudara dalam mengikuti pelatihan ini agar sekiranya momentum ini dapat menjadikan wadah tambahan pengetahuan dan wawasan serta modal guna perluasan dan pengembangan usaha yang saudara saudara geluti sebagai perwujudan kita bersama untuk penguatan ekonomi daerah yang kita cintai mudah-mudahan pelatihan ini juga mampu mengarahkan saudara-saudara untuk lebih berkembang lagi dan juga mampu membuka serta menciptakan lapangan kerja bagi orang lain, “ujarnya.

Baca Juga :  Pekerjaan Gedung Kantor Syahbandar Sudah Sesuai

Kepada pihak penyelenggara dalam hal ini dinas koperasi usaha kecil dan menengah kota Kupang beserta unsur terkait lainnya yang telah memprakarsai kegiatan pelatihan saya ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus tentunya kita semua berharap kiranya momentum hari ini mampu membuka Cakrawala dan pemahaman kita bersama untuk terus menyatukan tekad dan semangat membangun daerah ini dan ada kiat-kiat yang dan terobosan yang dapat manfaat tepat guna

Sementara itu Kabid Koperasi UKM Kota Kupang, Rika Zogara mengatakan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya ekonomi usaha maka perlu melakukan pemberdayaan dan pendampingan pada pelaku usaha kecil di kota Kupang.

“Pemerintah dalam hal ini merasa perlu untuk melakukan pelatihan dan pemberian bantuan sarana bagi pelaku usaha khususnya bagi pelaku UKM penenun dalam usaha jagung sebagai salah satu sumber ekonomi kerakyatan yang berusaha dalam sektor informal sehingga perlu dilakukan pemberdayaan dan pengembangan dalam pemberdayaan terhadap pengembangan usaha, “katanya.

Menurutnya, pemerintah daerah dalam hal ini berupaya untuk meningkatkan penguatan ekonomi bagi pelaku usaha dengan melihat perkembangan ekonomi masyarakat yang semakin bersama maka sudah saatnya dan seharusnya pemerintah daerah mendorong sepenuhnya para pelaku usaha untuk di berikan bekal ketrampilan dan juga bantuan sarana untuk mendorong pertumbuhan ekonomi maupun dalam pertumbuhan usaha.

Baca Juga :  Anita Gah Berharap Dana PIP tidak Dihambat

Dengan adanya pelatihan dan pemberian bantuan alat tenun serta alat pemipij jagung yang diperuntukan bagi pelaku usaha khusus penenun dan pengelolaan jagung di kota Kupang.

Pemerintah daerah Kota Kupang melalui Dinas Koperasi dan usaha Kecil Menengah Kota Kupang sebagai pembina terhadap perkembangan pelaku usaha yang ada di Kota Kupang diharapkan akan dapat membantu dan menunjukkan pelaku usaha dalam upaya untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha yang selama ini mereka hadapi untuk lebih meningkatkan mutu kualitas hasil produk usahanya maka kami dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Kupang berusaha semaksimal mungkin untuk bisa membantu dengan memberikan bantuan sarana bagi pengendara usaha pelaku UKM.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan keterampilan serta memberikan pembelajaran tentang cara penggunaan alat tenun dan alat pemipih jagung yang baik dan benar. Meningkatkan kualitas hasil produksi dan hasil usaha yang berdaya saing baik. Meningkatkan mutu pelayanan kepada konsumen. Meninggal kesejahteraan bagi pelaku usaha. Peserta yang menguntungkan kegiatan ini berjumlah 88 orang dengan rincian 80 orang untuk penerima bantuan alat tenun dan delapan orang untuk penerima bantuan pemipih jagung yang berasal dari pelaku usaha di seluruh kelurahan yang ada di Kota Kupang, “ungkapnya.(lya)

Comments

comments