Dispendukcapil Kota Kupang Natal Bersama Anak Panti Asuhan

0
148

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang melakukan perayaan Natal bersama dengan anak-anak sejumlah panti asuhan di Kota Kupang, Rabu (18/12/2019). Natal bersama ini mengangkat tema Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang yang menjadi tema Natal PGI tahun ini.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang Agus Riri Mase Rabu (18/12/2019) di Restoran Nelayan Kupang. Ia mengatakan syukuran natal 2019 dan tahun baru 2020 keluarga besar Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang bersama anak-anak panti asuhan semua itu buka. Karena kekuatan kami, bukan karena kehebatan kami tapi semua itu karena kemurahan dan kasih Tuhan dalam kehidupan kami.

“Kami menyadari bahwa hidup ini hanya untuk menjadi berkat buat orang lain. Malam ini juga saya terharu melihat istri almarhum dari bapak Abson Taupan walaupun suaminya sudah dipanggil pulang tetapi mereka masih hadir disini karena kami dengan mama Agra dan anak-anak kami merasakan adalah satu keluarga sehingga malam hari ini saya menyatakan kepada seluruh keluarga besar Dukcapil bahwa Walaupun almarhum bapak Abson sudah tidak ada mama Agra dan anak-anak adalah bagian dari pada kita semua, “katanya.

Baca Juga :  Danrem 161 Pimpin Anjangsana ke Rumah Veteran

Menurutnya, hidup ini harus memilih kita harus saling mengasih, saling melayani hidup ini ini bukan karena kepentingan.

“Kita buat natal ini saya bentuk panitia baru beberapa saat lalu dan saya kasih kepercayaan seluruh panitia ini dari beragama muslim. Saya hanya mau menunjukkan kepada kita semua dan Republik ini bahwa persatuan dan kesatuan Republik Indonesia ada juga di Dinas Dukcapil. Betapa bangganya kita kalau yang menjadi panitia itu keluarga muslim dan ternyata mereka mampu dan acara ini berjalan malam ini karena kerja panitia. Saya bilang sama teman-teman karena ketua panitia kepala seksi eselon IV saya sampaikan kepada kepala bidang bahwa kita jangan liat dari jabatan strukturalnya btapi fungsi dari pada dia,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Bustaman mengatakan hikmah natal tidak hanya di maknai sebagai kelahiran sang juru selamat.

“Saya ingin katakan bahwa sesungguhnya peristiwa natal mengajarkan kepada kita pada ruang dan dimensi yang berbeda.
Ruang dan dimensi bagaimana kekekalan memasuki waktu. Saya Bustaman seorang muslim sejati bukan ujuk-ujuk menjadi ketua panitia perayaan natal tetapi ini direncanakan dan ini memberikan makna, memberikan gambaran kepada kita semua bahwa Dukcapil Kota Kupang dan kita semua tidak hanya toleransi dan nasionalisme. Indah untuk di ucapkan tapi kita aplikasikan tapi kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pemkot Kerjasama Investor Bangun Kota Kupang

Ia menjelaskan pada kesempatan ini kami akan menyampaikan bahwasannya perayaan natal bersama Dukcapil dan anak-anak panti sebelum perayaan malam hari ini diawali dengan kunjungan ke makam saudara, sahabat kami Abson Taopan yang meninggal dunia pada tanggal (7/11/2019).

“Kiranya spirit yang sudah diberikan ditularkan oleh pak Abson kepada kita akan selalu ada dalam diri dan kita terapkan ketika kita melayani masyarakat Kota Kupang, “katanya.

Kami juga melaksanakan pelayanan akte kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) di gereja Ebenheizer Oeba dimana ada 95 KIA dan 15 akte kelahiran yang berhasil di cetak. Selanjutnya pembuatan akte kelahiran bagi anak-anak panti asuhan dimana kami mengambil empat panti asuhan yang menjadi representasi dari tiga agama perwakilan dari panti asuhan Kristen generasi pengubah panti asuhan Shalom, perwakilan dari katolik panti asuhan bakti umum sementara perwakilan dari Islam panti asuhan Al hikmah.

Pada malam hari ini puncak dari seluruh perayaan natal bersama Dukcapil dan anak-anak Panti kita tandai dengan makan malam bersama dan nanti akan dilakukan penukaran kado sesama pegawai Dukcapil.(lya)

Baca Juga :  Pelayanan KTP di Kota Kupang Sangat Cepat

Comments

comments