Dispendukcapil Kota Kupang Siapkan 6.000 Lembar Blanko E-KTP

0
52

Kupang — Masalah E-KTP maupun KK sering menjadi polemik di seluruh kota di Indonesia. Untuk melayani permohonan KTP, KK serta Akte Kelahiran, Dispendukcapil Kota Kupang telah menyediakan 6000 lembar blanko E-KTP.

Demikian dikatakan Plt Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang, Agus Ririmase Rabu (27/2/2109).

Agus Ririmanase mengatakan, sejak dibukanya pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Markas Satuan Brimob (Sat Brimob) Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 25 februari 2019, ribuan warga Kota Kupang sangat antusias untuk mengurus E-KTP, Kartu Keluarga (KK) maupun Akte Kelahiran yang belum memiliki.

“Sejak hari pertama pelayanan, jumlah permohonan KTP elektronik yang dilayani sebanyak 600 lembar, Kartu Keluarga 800 lembar, serta akte kelahiran sebanyak 400 lembar,” jelas Ririmase di Kupang, Selasa (27/2/2019).

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilakukan di Markas Brimob Polda NTT merupakan hal yang baru pertama dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di seluruh kabupaten Kota di Indonesia dan mendapat perhatian dari pimpinan tertinggi Polri serta Komandan Korps Brimob.

Baca Juga :  Kasus Campak di Kupang Setiap Tahun Meningkat

Ia juga mengakui, dalam pelayanan tersebut, pihak Dispendukcapil Kota Kupang juga menemui kendala dalam pengurusan, seperti data yang dimasukan oleh pemohon tidak lengkap sehingga pengurusan dilanjutkan ke hari berikut.

“Dalam pelayanan tersebut, pihak Dispendukcapil juga melibatkan sejumlah anggota Brimob serta ibu-ibu Bhayangkari untuk membantu pelayanan kepada warga kota Kupang yang mengurus KTP, KK maupun akte kelahiran,” tegasnya.

Sementara itu untuk melayani permohonan Kartu Tanda Penduduk Elektronik bagi warga Kota Kupang, pihaknya telah mengajukan permohonan ke Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri karena mengingat masih banyak warga Kota Kupang yang hingga saat ini belum memiliki KTP elektronik, kartu keluarga maupun akte kelahiran.

Pada Januari 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang telah mendapatkan tambahan blanko E-KTP dari Dirjen Dukcapil Kemendagri sebanyak 10 Ribu lembar blangko, dan pada Februari 2019 juga mendapat tambahan blanko E-KTP sebanyak 8 Ribu lembar.

“Sedangkan untuk bulan Maret 2019, usulan tambahan blanko E-KTP belum mendapat jawaban dari Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri,” tambahnya.

Baca Juga :  Bupati Perintahkan Kepsek Satap Gokata Bongkar Gedung Mes Guru

Agus Ririmase juga merencanakan, setelah melakukan pelayanan di markas Brimob Polda NTT, pihaknya juga akan melakukan hal serupa di markas TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara serta TNI Angkatan Darat.

“Yang kami lakukan ini merupakan pelayanan jemput bola sehingga warga yang belum memiliki KTP, KK maupun akta kelahiran bisa langsung mendatangi tempat dimana kami membuka pelayanan,” harapnya. (lya/qi)

Comments

comments