DPD REI Provinsi NTT Gandeng Bank NTT Selenggarakan Expo 2020

0
377

KIBLATNTT.COM, KUPANG — DPD Real Estate Indonesia (REI) Provinsi NTT menggandeng bank NTT, menggelar Expo 2020. Di ikuti 16 Developer dari 38 lokasi perumahan di NTT.

Demikian dikatakan Direktur Utama Bank NTT, Hary Alexander Riwu Kaho dalam sambutannya, Jumat (11/12/2020) di Lippo Plaza. Ia mengatakan Expo kali ini akan ada diadakan selama 10 hari mulai dari 11–20 Desember 2020 bertempat di Lippo Plaza Kupang,

“Saya harapkan kemitraan yang terjalin ini, dapat terus berlanjut, demi kesejahteraan masyarakat dalam hal pemilikan rumah, “katanya.

Menurutnya, mengedukasi masyarakat agar bisa tahu pentingnya memiliki rumah, perlu kerja yang cukup keras yang dilakukan REI NTT melalui Expo.
komitmen perbankan untuk tidak jalan sendiri-sendiri, dan sudah waktunya bersinergi dengan para pengembang yang tergabung di REI NTT.

“Bukan hal yang mudah merencanakan dan melaksanakan Expo ditengah Pandemi Covid-19 ini, karena proses ini kita harus patuh dengan Protokol Kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby mengatakan pembangunan perumahan tahun 2020 tersendat karena kuota terbatas dan pandemi Covid-19. Oleh karena itu, expo 2020 digelar dengan tujuan mengedukasi masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tentang benefit dari rumah bersubsidi.

Baca Juga :  BPS Adakan Survei Teroris Di Kupang dan Mabar

penyerapan perumahan di NTT pada tahun 2020 hanya mencapai 1.768 unit rumah di beberapa perbankan. Jika dibandingkan dengan tahun 2019 dimana terbangun 2.854 unit rumah, maka terjadi penurunan sebesar 38 persen di tahun 2020.

“Penurunan ini disebabkan oleh kuota rumah subsidi yang sangat sangat minim karena kuota rumah subsidi di beberapa bank sejak April sudah habis. Jadi, ini menjadi masalah sendiri. Selain daripada itu karena Covid-19, jadi penyerapan agak lebih rendah,” Bobby menambahkan.

Namun, berdasarkan koordinasi dengan kementerian terkait, dana yang dicadangkan untuk kuota rumah bersubsidi seluruh Indonesia pada tahun 2021 dinaikkan dari Rp11 triliun menjadi Rp16,5 triliun. Artinya, ada peningkatan 97.000 unit rumah menjadi 157.000 unit rumah.

Ini kami harapkan penyerapannya bisa maksimal di tahun 2021. Oleh karena itu, kami minta dukungan dari Bank NTT untuk kita bisa bersama-sama merumahkan masyarakat di NTT,” ujar Bobby.

Lanjutnya, ada koordinasi untuk program Gebyar KPR Bank NTT kolaborasi yang mana bunga yang diberikan bisa mendapatkan subsidi yang hampir sama dengan KPR FLPP dan SSB. Selain itu, penyerapan akan rumah subsidi meningkat dari tahun ke tahun. NTT sendiri memiliki badlock 95.035 unit rumah dengan kebutuhan perumahan Kota Kupang mencapai 3.500 unit rumah. “Jadi, pameran ini mau edukasi masyarakat tentang benefit rumah subsidi itu sendiri. Itulah inti dari pameran ini,” tandasnya.

Baca Juga :  Pemkot Kupang Selenggarakan Natal Oikumene

Sebelumnya, Ketua Panitia Expo REI 2020, Chandra Santoso mengaharapkan akan ada 150 keluarga baru melalui Expo ini memiliki rumah, sehingga bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya.

Expo REI kali ini mengambil tema Wujudkan Damai Natal Dengan Hunian Bersama REI.

“Target kami 150 unit atau Rp 25 Miliar. Dan kami beri apresiasi kepada bank NTT dan REI, yang telah mensupport Expo, semoga perjuangan tidak sia-sia,” harapnya.(lya)

Comments

comments