Dua Tahun Kepemimpinan Victory-Joss: Pariwisata Bisa Menggerakkan Sektor Lainnya

0
44

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Memasuki dua tahun kepemimpinan Victor Bungtilu Laiskodat dan Josep Nae Soi (Victory-Joss), keyakinan mereka bahwa pariwisata akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan menggerakkan kebangkitan sektor lainnya.

Demikian dikatakan Kepala Bapelitbangda Nusa Tenggara Timur (NTT), Cosmos Lana,.Sabtu (5/9/2020) saat membacakan berbagi informasi mengungkap jejak-jejak karya dalam 2 tahun kepemimpinan Viktor bungtilu laiskodat dan Josep Nae Soi. Ia mengatakan pariwisata yang ditetapkan sebagai prime mover pembangunan dapat memicu kebangkitan sektor-sektor lainnya seperti pertanian, peternakan, dan kelautan, juga sektor pendukung seperti infrastruktur, akhirnya mulai memberi hasil yang menggembirakan.

“Penegasan Gubernur Victor dan wagub Josef sejak awal bahwa membangun pariwisata adalah membangun peradaban, menciptakan dan melayani ekspektasi imajinasi manusia. Artinya,. kualitas hidup masyarakat desa dan kota harus berubah ke level yang lebih berkualitas, agar disukai para wisatawan. Pariwisata semestinya mewujudkan kualitas hidup atau quality of life masyarakat NTT melalui pembangunan dan peningkatan lima aspek fundamental pariwisata yakni aspek atraksi, akomodasi, aksesibilitas, amenitas dan awareness, “katanya.

Menurutnya,.sebagai sektor ekonomi utama, pariwisata NTT semakin memberikan dampak multiplier pada perputaran roda ekonomi NTT. Dalam dua tahun kepemimpinan Victory-Joss, geliat pembangunan pariwisata NTT yang berbasiskan pendekatan inclusive dan berbasis sumber daya lokal (Local resource-base) dengan strategi community based tourism mulai menunjukkan progres yang menggembirakan. Peningkatan kualitas beberapa destinasi wisata prioritas seperti pantai Liman, penggunungan Fatumnasi, Koanara, desa para pemburu paus Lamalera, pantai Wolwal,.pantai Praimadyta dan kawasan Mulut Seribu, mulai memberi dampak nyata bagi masyarakat. Empat destinasi yang disebut telah diresmikan Gubernur VBL yakni Mulut Seribu (15 Juni 2020), Pantai Liman (3 Juli 2020), Lamarela (28 Juli 2020), Wolwal (31 Juli 2020). Selanjutnya, dalam rencana pada tanggu 8 September 2020 mendatang, Gubernur VBL akan meresmikan Cottage dan Restauran di Praimadyta, Sumba Timur.

Baca Juga :  Batal Terbang, Penumpang Keluhkan Pelayanan Wings Air Buruk

“Jika berkunjung ke lamalera dijamin tersedia akomodasi yang memadai di sana gubernur dan Wagub JNS memberikan sentuhan dengan membangun 20 unit home stay di 20 rumah penduduk hasil pembenahan sektor pariwisata lainnya adalah membangun konteks di destinasi wisata pantai Liman, pantai Praimadyta, dan pantai Mulut Seribu dukungan pengembangan pariwisata NTT di destinasi wisata prioritas melalui peningkatan akses jalan pembangunan sumber air bersih berupa sumur bor pantai Liman fatumnasi penyediaan PLTS di mulut seribu dan patung nasi dan pembangunan fasilitas amenitas lainnya seperti restoran lopo toilet gerai-gerai karya UMKM areal parkir dan fasilitas kesehatan sedang dalam pekerjaan disamping penyediaan sumber sumber bahan pokok dari hasil pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan yang terus digiatkan hingga saat ini, “ujarnya.

Ia menjelaskan, sebuah capaian yang luar biasa di sektor pariwisata adalah duet kepemimpinan victory Joss juga berhasil melobi dan mendapat persetujuan pemerintah pusat untuk bersama-sama mengelola destinasi super premium labuan bajo sedang disiapkan sistem penginderaan digital di atas dan di dalam air di perairan labuan bajo demi keamanan dan keselamatan lingkungan hidup varanus komodoensis, warga lokal dan turis dari berbagai ancaman yang merusak untuk mewujudkan penginderaan digital ini pemerintah provinsi NTT sedang bekerja sama dengan ST Engineering suatu perusahaan hebat dari Singapura.

Baca Juga :  Wali Kota Kupang Sidak Harga Pangan di Pasar Naikoten

“Dengan pendekatan pembangunan yang terintegrasi wajah pariwisata NTT mulai kelihatan paras cantiknya besar energi yang dikeluarkan dalam membangun pariwisata mampu mewujudkan X imajinasi para wisatawan. Oleh karena itu dalam banyak kesempatan an bertemu masyarakat gubernur dan Wagub terus mengajak masyarakat untuk membuat orang yang datang ke NTT harus merasa betah dan nyaman sampai melupakan lamanya waktu mereka tinggal di NTT ketika mereka lupa pulang dan bahkan ingin kembali lagi ke NTT juga mengajak teman-temannya datang ke NTT maka perwujudan ekspektasi imajinasi itu sudah sukses dilakukan, “katanya.

Apalagi dalam pandangan Gubernur dengan pembangunan pariwisata yang berbasis masyarakat Makkah bukan orang luar NTT saja yang akan menikmati hasilnya tetapi juga orang NTT sendiri. pasalnya wisatawan yang masuk ke NTT tidak lagi tergantung pada Hotel cafe Dan resto untuk mendapatkan pelayanan yang nyaman dan berkualitas, tetapi juga rumah-rumah warga yang sudah disiapkan secara layak dan nyaman. Oleh karena itu adagium victorious dalam pembangunan pariwisata dalam masyarakat lokal NTT harus menjadi tuan di tanah mereka sendiri (inclusive). dengan asumsi seperti itu maka dengan adanya potensi pariwisata NTT yang saat ini masih dikembangkan hingga ke pelosok-pelosok desa, nilai tambah secara ekonomi bagi masyarakat lokal akan bertumbuh.dari situlah mimpi pemerataan ekonomi yang mampu menyentuh hingga ke level paling bawah masyarakat NTT, akan nyata dan terukur.

Baca Juga :  Mentan RI Kunjungi NTT

“Untuk menciptakan pariwisata yang unggul daya dukung dari sektor lainnya terus digenjot. Salah satunya adalah dukungan komoditas dan konektivitas kewilayahan. program pariwisata strategis victory Joss akan mewujudkan ring of beauty.semua kawasan pulau dan kabupaten di NTT terus didorong selama 2 tahun terakhir untuk berada dalam satu kawasan ekonomi yang terkoneksi yaitu masyarakat ekonomi NTT. saat ini pemerintah terus berjuang mengembangkan pulau-pulau di NTT sebagai kawasan hinterland yang kaya akan High Value Agriculture Products, seperti vanili, rumput laut, kakao, alpukat juga beras serta garam, “tegasnya.

Bagi Gubernur Victor dan Wagub Josep apa yang sedang mereka kerjakan adalah “emas” mengapa Karena pada suatu waktu perekonomian NTT akan menguat. Arus keluar uang dari NTT sudah bisa dibendung, sehingga masyarakat NTT sendiri yang menjadi pemasok semua produk yang dibutuhkan dalam konsumsi masyarakat di semua Kabupaten/Kota di NTT. Itulah kerja besar yang sedang dan terus digarap oleh digarap duet kepemimpinan ini di sektor pariwisata dan sektor pendukung lainnya. (lya)

Comments

comments