Ekonomi NTT Tumbuh Positif

0
60

Kupang — Pertumbuhan ekonomi Nusa Tenggara Timur (NTT) semester pertama tahun 2019 tumbuh sebesar 5,92 persen lebih besar jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada periode yang sama tahun 2018 yang hanya capai 5,02 persen. Dan Secara umum terjadi pertumbuhan ekonomi positif pada seluruh usaha.

Demikian dikatakan kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTT Maritje Pattiwaellapia Senin (5/8), saat jumpa pers di kantor BPS NTT.

Menurutnya bahwa pertumbuhan terbesar pada semester pertama tahun 2019 terjadi pada lapangan usaha industri pengelolahan sebesar 9,38 persen, diikuti oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 8,68 persen, dan administrasi pemerintah, pertahanan dan jaminan sosial wajib sebesar 8,56 persen.

“struktur ekonomi menurut lapangan usaha pada semester pertama masih didominasi oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan dengan kontribusi sebesar 28,44 persen. Kemudian disusul oleh lapangan usaha administrasi pemerintah, pertahanan dan jaminan sosial wajib sebesar 13,35 persen dan lapangan usaha perdagangan besar -eceran, reparasi mobil- sepeda motor sebesar 11,39 persen,”ungkapnya.

Baca Juga :  Perbankan di NTT Mengalami Perkembangan Yang Signifikan

Dikatakannya bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi NTT pada semester pertama tahun 2019, lapangan usaha administrasi pemerintah, pertahanan dan jaminan sosial wajib memiliki sumber pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 1,08 persen, diikuti oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan, perikanan sebesar 1,04 persen dan perdagangan besar-eceran, reparasi mobil- sepeda motor sebesar 0,93 persen. (lya)

Comments

comments