Expo Alor ke-14 Akan Dimulai 28 September

0
118

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Pada tanggal 28 September 2020 akan di selenggarakan Expo Alor ke-14 dan Alor karnaval budaya ke VII di Kabupaten Alor kegiatan ini akan berlangsung selama satu minggu mulai dari 28 September sampai dengan tanggal 3 Oktober 2020.

Demikian dikatakan Kabid Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Alfons Ara Kia, Jumat (18/9/2020) di ruang kerjanya. Ia mengatakan untuk Expo Alor mereka melibatkan semua kecamatan yang ada di Alor tapi mereka juga mengundang dari Kementerian dan dari propinsi juga di undang.

“Tujuan dari dua kegiatan besar ini yang pertama untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata dan budaya unggulan di Kabupaten Alor baik itu wisata domestik maupun mancanegara, “katanya.

Ia juga menjelaskan kegiatan Expo Alor dan Karnaval budaya Alor ini mereka juga mengundang kementerian pariwisata juga dan meminta Kementerian Pariwisata untuk membantu mempromosikan event ini supaya semakin banyak orang yang datang ke Alor di momen itu

“Dan saya juga untuk masukkan ke ibu Kadis bahwa memang Kementerian Pariwisata itu mereka juga dengan daya serap yang sangat rendah karena itu mereka juga didorong untuk meningkatkan daya serap karena mereka juga ada dukungan terhadap beberapa event yang dilaksanakan di daerah-daerah misalnya seperti kemarin ada Festival Kelimutu yang dirangkai dengan Festival Pelangi Nusantara dari kementerian Pariwisata datang dan juga ikut memberikan dukungan terhadap event itu, “ungkapnya.

Baca Juga :  Gubernur Minta data Penerima KUR Mikro untuk Intervensi dan Sinergitas

Menurutnya, tujuan utama dari kegiatan ini untuk mempromosikan, memperkenalkan, tetapi juga secara internal untuk melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal dan yang paling penting itu memberikan peluang kepada investor dan juga terutama kepada pelaku pariwisata di sana dan paling kurang masyarakat di sana bisa mendapatkan manfaat ekonomi dari kegiatan ini

“Ujung dari semua kegiatan pariwisata ini untuk masyarakat bisa mendapatkan manfaat ekonomi dari situ karena itu pasti di Expo Alor segala macam produk dipamerkan di situ termasuk kuliner dan lain sebagainya, “tegasnya.

Ia juga mengakui memang Alor lagi seksi sekali dengan pariwisatanya dan yang menarik ini para pelaku pariwisata yang selama ini tidak terhimpun mereka juga sudah mau membentuk satu forum untuk para pelaku Pariwisata Kabupaten Alor sehingga semua kan ada banyak sekali sektor yang tergabung di situ ada dari unsur travelagent, unsur pengelola homestay, pengelola destinasi ekowisata, semua ada dan mereka tergabung dalam satu forum mereka baru saja bentuk forum itu.

Baca Juga :  UU Daerah Kepulauan Segerah Ditetapkan

“Dengan adanya forum itu supaya mereka juga bisa saling mendukung saling memperkuat satu dengan yang lain terutama di situ Covid-19. Jadi ini sebenernya moment untuk membangkitkan kepariwisataan, “katanya. (lya)

Comments

comments