Gubernur NTT Resmikan Cottage dan Resto Isu Faenman Victory di Fatumnasi

0
70

KIBLATNTT.COM, SOE — Peresmian Cottage dan resto Isu Faenman Victory di Desa Fatumnasi Kabupaten Timur Tengah Selatan serta penyerahan beberapa anakan.

Demikian dikatakan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Victor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya yang di sampai oleh Kepala Dinas Pariwisata ekonomi dan kreatif NTT, Wayan Darmawan, Selasa (17/11/2020) di Desa Fatumnasi Kabupaten TTS.

Ia mengatakan peresmian cottage dan juga penyerahan hari ini merupakan momentum yang sangat baik

“Ada beberapa hal yang perlu saya tekankan pada kesempatan ini pertama terbangunnya cottage resto dan juga amunitas harus memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat untuk itu pada kesempatan yang baik ini saya mengharapkan dukungan Bupati dan juga masyarakat agar menjaga, merawat, resto dan cottage yang telah di bangun ini untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat, “katanya.

Menurutnya, sebagaimana kebijakan yang telah di tetapkan bahwa pembangunan pariwisata dilakukan dengan pendekatan comunity
best turisme artinya pariwisata harus melibatkan seluas-luasnya masyarakat dan memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat jadi atas dasar itu maka para kelapa desa terutama kepala desa Fatumnasi isi, taman lahan yang kosong untuk mendukung pembangunan Pariwisata Fatumnasi.

Baca Juga :  VBL: Pendidikan NTT Harus Mampu Bersaing di Level yang Lebih Tinggi

“Saya yakin destinasi Fatumnasi akan menjadi destinasi yang sangat hebat, yang sangat luar biasa karena pemerintah propinsi telah memberikan dukungan secara bertahap kebijakan 5A yang pertama akumodasi di tingkatkan yang sebelumnya tidak ada menjadi ada amenitas juga diakan ada lopo-lopo dan ada juga resto selanjutnya terkait dengan aksesibilitas jadi bapa ibu sudah lihat bagaimana jalan Fatumnasi sudah mulai dikerjakan dan ini akan menjadi kekuatan dalam menggerakkan wisatawan datang lebih banyak lagi ke Fatumnasi. Amenitas juga di kembangkan ada toilet umum dan juga ada perbaikan destinasi yang ada, “ujarnya.

Ia menjelaskan ada satu hal penting yang juga harus kita benahi terus menerus yaitu bagaimana meningkatkan kualitas layanan awareness.

” Jadi atas dasar itu saya juga sudah meminta kepada Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif bekerjasama dengan Dinas pendidikan dan kebudayaan untuk melakukan pelatihan bahasa Inggris dan tentu juga akan mendorong klontir-klontir untuk melakukan pembinaan bahasa inggris, “tegasnya.

Terkait dengan pembangunan Pariwisata kita kembali mendorong bagaimana basis-basis kekuatan lokal harus di kembangkan atas dasar itulah resto yang di bangun, cottage yang di bangun tidak mengambil bentuk-bentuk bangunan moderen seperti misalnya bangunan-bangunan di Eropa dan sebagainya kita menggunakan kearifan lokal dalam bentuk lopo.

Baca Juga :  ASN di BPP Provinsi NTT harus Miliki Sikap Optimis

Jadi kita mengurang sebanyak mungkin bahan-bahan yang berkonten di luar yang ada di daerah ini atas dasar itu Pak Bupati saya mengharapkan dukungan pengembangan amenitas yang dibangun terkait dengan gardu padang dan juga toilet kalau bisa di dorong menggunakan bahan lokal jadi tidak banyak menggunakan semen karena akan mengurangi kualitas dan artestik dari destinasi yang ada.

“Hal berikut yang perlu saya tekankan adalah bagaimana membangun jejaring kerja yang lebih baik jadi masyarakat lebih memanfaatkan momentum yang sangat baik pemerintah propinsi pemerintah kabupaten sedang mendorong dan mengharapkan bagaimana pariwisata akan menjadi kekuatan dan menjadi primover hal ini sangat mungkin kita capai karena presiden Joko Widodo memberikan dukungan sangat luar biasa kepada daerah kita kapan lagi kita memanfaatkan momentum ini, “ungkapnya.

jadi atas dasar itu mari lakukan kerja-kerja keras, kerja-kerja berjejaring agar setiap yang kita miliki mampu meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan kita saya berharap desa Fatumnasi harus segera keluar dari kemiskinan dengan tumbuh berkembangnya pariwisata disini. Hal-hal yang kurang terkait lahan yang masih banyak kosong.

Baca Juga :  PDAM Kabupaten Kupang Lakukan Penagihan Langsung ke Rumah

“Tentu saya akan menugaskan kepala pariwisata dan ekonomi kreatif bekerjasama dengan perangkat daerah yang lain untuk melakukan langkah-langkah besar jadi jangan lagi bekerja sendiri-sendiri sekurang-kurangnya dalam satu dua tahun kedepan saya akan melihat Fatumnasi menjadi salah satu destinasi unggulan di NTT dan menjadi contoh bagi pengembangan destinasi yang lain saya tidak perlu bicara banyak yang harus kita lakukan adalah bekerja bekerja untuk mewujudkan NTT bangkit mewujudkan masyarakat sejahtera, “katanya. (lya)

Comments

comments