Gubernur VBL Dukung Pengembangan Sorgum di NTT

0
33

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) mendukung penuh pengembangan Sorgum dikarenakan wilayah NTT memiliki potensi pertanian yang luar biasa.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Laiskodat saat menerima audiens dengan Ketua Serikat Petani Sorgum Indonesia (SEPASI) beserta rombongan di ruang kerja Gubernur, Senin (21/9/2020).

“Saya ingin agar program pengembangan Sorgum ini direncanakan betul-betul terpadu, secara detail, baik dari tenaga kerjanya, lahan yang dibutuhkan, benihnya, mesinnya apa saja, kami siap support terutama dari sisi anggaran,” kata Gubernur Viktor.

Lebih lanjut, Gubernur Viktor ingin agar SEPASI lebih pro-aktif dalam memberikan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan-pendampingan bagi kelompok tani serta UMKM dalam pengolahan produk Sorgum dari awal tanam, panen serta pasca panen sehingga dapat memberikan keuntungan terlebih dari segi ketahanan pangan dan juga peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kita ketahui bersama, permasalahan pertanian di NTT dari dulu sama, kita tanam berhasil, tapi ketika panen sering gagal. Nah sekarang jangan seperti itu lagi !. Saya ingin kalian sebagai mentornya wajib dampingi terus dari awal tanam, hingga panen harus berhasil sehingga benar-benar selain menghasilkan profit bagi masyarakat, juga produk yang kita hasilkan dapat dikenal luas, go Internasional, “ tegas VBL.

Baca Juga :  PPDB di Kota Kupang Dimulai Pekan Depan

Pada kesempatan yang sama, Ketua SEPASI Lili Suradilaga menjelaskan bahwa pengembangan Sorgum diyakini selain memberikan banyak manfaat pada sektor pertanian juga akan memberikan dampak yg bagus terhadap sektor peternakan ataupun perkebunan serta sektor lainnya.

“Sorgum ini salah satu tanaman ajaib selain kelor. Setiap bagian tanamannya dapat kita manfaatkan semua, tidak ada yang terbuang. Selain sebagai bahan makanan pokok alternatif, Sorgum juga dapat kita gunakan sebagai pakan ternak, pembuatan pupuk serta dapat juga kita olah menjadi biofuel (bahan bakar dari tanaman) berupa etanol, “ jelas Lily.

“Oleh karena itu, sesuai arahan Bapak Gubernur, kami siap untuk mentransfer ilmu yang kami miliki, kami siap memberikan pendampingan serta pelatihan dari awal hingga akhir, sehingga kedepannya produk dari Sorgum di NTT ini dapat memberikan sumbangsih bagi peningkatan ekonomi masyarakat, “ pungkas Ketua SEPASI tersebut.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Samuel Rebo, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lecky Koli, Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Silvia Pekudjawang, Kepala Badan Keuangan Daerah Zakarias Moruk, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Muhamad Nasir Abdullah, Plt. Kepala Biro Umum George Hadjo, Staf Kusus Gubernur Ima Blegur, serta Tim dari SEPASI. (*/lya)

Baca Juga :  Aktivitas Pemerintahan dan Pembangunan di NTT Dibuka Kembali 15 Juni 2020

Comments

comments