Herman Minta Kontraktor Bekerja Pertahankan Mutu

0
250

Kupang — Berdasarkan data pada sistem informasi pembinaaan jasa konstruksi jumlah total perusahan yang bergerak di bidang jasa konstruksi di kota Kupang tercatat 780 perusahaan baik konsultan maupun kontraktor dengan kualifikasi kecil, menengah dan besar. Dari jumlah tersebut kurang lebih 80 persen adalah kontraktor berkualifikasi kecil .

Demikian dikatakan Ketua panitia, Iwan Klau disela-sela pelatihan dan sertifikasi mandor dan bangunan lingkup kota Kupang, Senin (1/10/2018) di hotel Maya Kupang.

Menurutnya bahwa setiap pekerjaan konstruksi yang bekerja di bidang konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja dan penyedia jasa konstruksi wajib mempekerjakan tenaga kerja konstruksi yang memiliki sertifikat kompetensi kerja. Sertifikat kompetensi kerja ini bukan hanya sekedar pemenuhan terhadap penilaian dokumen teknis dan kualifikasi layak tetapi juga wajib dimiliki oleh setiap tenaga kerja konstruksi dalam pelaksanaan sebuah pekerjaan konstruksi dilapangan karena penyedia jasa konstruksi yang mempekerjakan tenaga kerja konstruksi yang tidak memiliki sertifikat kompetensi akan dikenakan sanksi sesuai UU no 2 tahun 2017.

Kegiatan yang dugelar pemerintah Kota Kupang melalui Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang bidang bina konstruksi bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pekerjaan konstruksi di kota Kupang yang memiliki sertifikat kompetensi kerja.

Baca Juga :  Debit Air Bendungan Raknamo Sudah Mencapai 4 Juta Kubik

Wakil wali kota Kupang, Herman Man mengatakan peranan konstruksi itu penting karena membangun itu bukan asal-asal bangun tujuannya sertifikat tapi bukan itu satu-satunya.

“saya suruh kerja itu untuk mempertahankan mutu karena saudara mandor bukan pegawai biasa oleh karena itu saya berharap saudara bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik,” harapnya.

Sementara itu salah satu pelatihan mandor dari CV Laris Jaya, Iskandar Djawas mengatakan Kegiatan ini sangat bagus jadi ada sertifikat pekerjaan itu terarah sehingga ketika memulai pekerjaan itu bisa lebih jelas pengetahuannya yang mana esuai dengan UU.

“Jadi pekerjaan mandor itu kita bisa lebih jelas apa yang bisa kita lakukan di lapangan terarah begitu jadi dengan diadakan pelatihan ini kita senang,” ungkapnya. (lya/qi)

Comments

comments