Ikatan Notaris Indonesia NTT Lakukan Korferwil

0
104

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Pengurus Ikatan Notaris Indonesia (INI) wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan konferensi wilayah (Konferwil) ketiga untuk memilih pengurus INI wilayah NTT periode 2019-2022. Konversi ini juga sekaligus untuk mendapatkan pertanggung jawaban pengurus INI wilayah NTT periode 2016-2019.

Konferwil INI wilayah NTT ini merupakan bagian dari pelaksanaan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi yang mewajibkan semua pengurus wilayah untuk melaksanakan konferwil maksial tiga bulan setelah pelaksanaan kongres.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Pelaksanaan Zantje. M. V. Tomasowa Sabtu (5/10/2019) di Hotel Aston Kupang. Ia mengatakan di samping melakukan pemilihan ketua pengurus dan ketua dewan kehormatan wilayah dalam Konferwil INI, peserta juga akan mendapatkan laporan pertanggungjawaban dan pengurus masa jabatan 2016 sampai 2019.

“Tema dari Konferwil Ikatan Notaris wilayah NTT adalah mewujudkan Notaris yang Berintegrasi Mandiri dan Profesional. Diharapkan dari konferensi ini dapat dipilih ketua pengurus dan dewan kehormatan wilayah yang baru yang juga siap untuk memperjuangkan dan melindungi segenap anggota Ikatan Notaris dalam wilayah Provinsi NTT,” katanya.

Baca Juga :  Kota Kupang Harus Menjadi Barometer Pengelolaan Sampah

Mengenai jumlah peserta, Zantje menguraikan peserta konferensi wilayah INI NTT sebanyak 90 anggota. Pelaksanaan konferensi INI juga satukan dengan acara pertemuan antar anggota IPPAT NTT dan upgrading dengan pembawa materi Ibu Irma Devita SH.

Ketua Pengurus Wilayah NTT INI , Emmnuel Mali mengatakan, INI Wilayah NTT telah memasuki usianya yang tujuh tahun setelah berpisah dari pengurus wilayah Bali, dan Konferwil merupakan kegiatan rutin organisasi yang wajib diselenggarakan oleh pengurus wilayah dalam waktu selambat-lambatnya tiga bulan setelah kongres, sebagaimana amanat dari AD/ART perkumpulan yang akan memilih ketua pengurus wilayah sekaligus laporan pertanggungjawaban pengurus pada periode tiga tahun masa kepengurusannya. Sekaligus sebagai momen untuk membahas program kepengurusan tiga tahun mendatang.

Dalam pelaksanaan konferensi ini juga disertai dengan pembekalan dengan materi pembekalan mengenai badan hukum dan badan usaha yang akan disampaikan oleh pemateri dari INI Pusat. Dimana materi-materi ini disajikan sesuai kebutuhan saat ini sehingga diharapkannya semua peserta dapat mengambil manfaat untuk diterapkan dalam pelaksanaan tugas jabatan sebagai Notaris yang pada akhirnya dapat menjadi notaris yang berintegritas, mandiri dan profesional.

Baca Juga :  OJK Gelar Kegiatan SEPMT di Kupang

“Melalui Korferwil ini pula, kita berharap dapat memilih seorang ketua pengwil yang mampu mengayomi dan melindungi sekaligus sebagai panutan bagi segenap anggota demikian juga cita-cita anggota INI Wilayah NTT untuk memiliki gedung Sekretariat bersama INI/IPPAT dapat segera terwujud,” urainya.

Emannuel Mali juga mengucapkan selamat melaksanakan komersil  ketiga INI NTT dan upgrading, semoga dapat berjalan dengan lancar dan dapat menghasilkan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan organisasi khususnya di NTT.

“Mudah-mudahan dengan adanya konferensi dan upgrading ini dapat selain memilih ketua juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman kita semua dengan harapan akan tercipta notaris NTT yang berintegritas, mandiri dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Plt Sekda Kota Kupang elvianus Wairata mengatakan ada tiga kata kunci berintegritas, mandiri dan profesional dalam mewujudkan Ikatan Notaris ke depan, sehingga jangan sampai kata-kata ini hanya menjadi slogan di ruang Konferwil, tapi harus menjadi komitmen dalam rangka mewujudkan notaris dan bagaimana berperan serta.

“Kita tahu bersama dunia sekarang dengan era globalisasi kemudian juga informasi yang terbuka tentu kita juga harus paham. Untuk itu kalau sudah berapa daerah digitalisasi notaris juga harus mencoba untuk melakukan beberapa kebijakan kedepan dalam rangka mengikuti era ini. Jangan sampai proses pengelolaan jadi lambat karena tidak mengikuti seluruh perkembangan jaman yang berlangsung di negara ini.
Untuk itu lewat konferensi ini pemerintah lewat Wali Kota Kupang mengucapakan terima kasih,” tegasnya.

Baca Juga :  Ekonomi NTT Tumbuh Positif

Diharapkannya, lewat peran dan fungsi notaris bisa bersinergi dengan semua kebijakan pemerintah dalam rangka untuk mempercepat proses pembangunan agar semua yang dilakukan bisa berjalan dengan baik.(lya/eho)

Comments

comments