IKMC Kota Kupang Resmi Terbentuk

0
441

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Budaya Country baru pertama kali hadir di Kota Kupang yang dibentuk oleh Ikatan Kelompok Musik Country (IKMC).

Ikatan Kelompok Musik Country (IKMC) Kota Kupang resmi terbentuk, ditandai dengan pergelaran rapat Perdana di Aula Kantor Kelurahan Nefonaik, sabtu sore (5/12/2020) sekira pukul 16.30.wita. IKMC mengusung misi utama memperkenalkan budaya Kota Kupang, dan NTT pada umumnya ke mata publik.

IKMC merupakan kelompok musik country pertama di kota Kupang, sebagaimana misi utamanya. Kelompok musik ini mendukung sepenuhnya pariwisata sebagai prime mover. Dengan perannya, IKMC bakal mempromosikan tempat-tempat wisata di Kota Kupang dan NTT, serta kebudayaan lewat karya-karya mereka.

Ketua IKMC Kota Kupang, Maria Katarina Sedo mengatakan, bahwa kelompok musik ini secara fokus mengkaloborasikan budaya dan musik NTT, khusunya Kota Kupang dengan musik modern bernuansa country.

Ini menjadi rencana utama kami, mengkaloborasikan musik daerah dan modern dalam gendre country. Ke depan akan ada lagu-lagu daerah begendre country, dan itu akan sangat menyenangkan,” katanya.

Baca Juga :  Masyarakat Diminta Tingkatkan Gerakan Hidup Sehat

Ia mengatakan, dengan lagu-lagu NTT pada umumnya dan Kota Kupang, khususnya, sangat kaya dan telampau bannyak. Dengan meracik atau mengarasemennya dalama musik country, lagu-lagu daerah Kota Kupang dan NTT, bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat luas.

Potensi kekayaan ini harus didesain seunik mungkin, untuk menunjang geliat pariwisata di NTT, ketika masyarakat luar datang ke NTT, bukan hanya untuk menikmati keindahan alamnya, namun juga budaya-budaya serta nyanyian -nyanyian daera,” ujar Maria.

Ini tentu saja, nyanyian lagu-lagu daerah ini bisa diramu dalam berbagai gendre lagu, dan kami fokus mengarasemennya dalam musik country,” ungkapnya.

Maria, jelaskan tujuan utama dibentuknya kelompok ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan musik country, menjalin hubungan kerja sama denga organisasi sosial lainnya yang berazas serta mengembagangkan dan melestarikan musik country dan kebudayaan setempat,” paparnya.

Semantara itu Pembina IKMC, Agung Billy mengatakan, kelompok musik ini akan secara kontinyu terlibat dalam setiap pergelaran kebudayaan, maupun promosi-promosi pariwisata di NTT.

Karena kita tahu, pariwisata bukan saja keindahan alamnya yang dijual, namun juga budaya, seperti tarian dan nyanyian-nyanyiannya, dan kami akan fokus ke budaya ini,” pinta Billy.

Baca Juga :  Dandim 1604/Kupang: TMMD Harus Semakin Baik

“Ia pun mengatakan, selain mengkaloborasikan nyanyian daerah dalam sentuhan country, kelompok ini juga akan secara rutin meciptakan lagu-lagu daerah bergendre counrty.

Dalam setiap pergelaran, kata dia, IKMC akan selalu mengusung tema budaya, selain nanyian, busana atupun atribut manggung tetap menampilkan motif-motif kekayaan daerah NTT, khususnya Kota Kupang,” tuturnya.

Billy, selain fokus menggarap lagu, IKMC juga mempunyai bidang pencarian bakat. Bidang ini nantinya fokus merekrut generasi-generasi meda yang mempunyai bakat untuk kemudian diorbitkan, juga masih dalam rangka mendukung geliat budaya dan pariwisata NTT.

Saya pun berharap IKMC segera memiliki cabang-cabang di setiap daerah di Kota Kupang, agar bersama bergerak, dan seirama dalam memajukan kebudayaan di NTT sesuai bidang dan bakat masing-masing.

Pelindung IKMC, Zeyto Ratuarat mengepresiasi kehadiran kelompok itu. Keberadaannya dinilai penting dalam mendukung berbagai upaya-upaya dalam menggali dan mempromosikan budaya NTT ke panggung dunia luas.

Zeyto berharap, kelompok musik ini tetap bertahan dan menjadi motivasi bagi generasi-generasi muda untuk berkarya di daerahnya masing-masing.

Baca Juga :  Marius: Masyarakat Jangan Ambil Kesimpulan Sendiri

Saya menyambut baik kehadiran kelompok ini, justru saya yang juga menjadi salah satu orang yang mendorong terbentuknya kelompok musik ini, karena saya yakin, peran dunia musik sangat penting, dalam menggali serta memajukan budaya-budaya NTT dan Kota Kupang pada khusunya,” katanya.

Untuk diketahui, musisi-musisi yang tergabung dalam komunitas ini, selama ini sudah berkarya dalam berbagai event, dan tampil tiap pekannya di TVRI NTT. Atas kesadaran bersama, mereka memandnag perlu untuk menghimpun diri dalam komunitas agar bisa bergerak lebih jauh, selain dari sisi musiknya, juga kebudayaan dan gerakan sosial kemanusiaan,” tutu Zeyto. (lya)

Comments

comments