Jokowi Panen Garam di Kupang

0
83

Kupang — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kembali berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melaksanakan peninjauan tambak garam dan melakukan panen perdana garam di Desa Nunkurus, Kabupaten Kupang, Rabu (21/8).

Presiden Jokowi mengaku secara keseluruhan, Provinsi NTT memiliki potensi besar produksi garam dengan luas tambak kurang lebih 21.000 hektare. Khusus Kupang, katanya, setidaknya 7.000 hektare lahan dapat dikembangkan untuk tujuan tersebut.

“Tadi saya di tunjukkan beberapa perbandingan garam yang di ambil dari luar dan di bawa kesini seperti dari Madura, Surabaya dan Australia kita bandingkan dengan di sini. Memang hasilnya di sini lebih bagus, lebih putih, bisa masuk ke garam Industri dan kalau di olah lagi bisa jadi garam konsumsi,” katanya.

Jokowi mengatakan ada potensi tapi memerlukan investasi yang tidak sedikit. Investasi itu katanya harus berkolaborasi dengan petani tambak sehingga para penambak garam dapat menambah penghasilannya.

“Ini yang dalam proses baru 600 hektar, itupun yang baru selesai 10 hektar tahun depan akan di selesaikan. Saya hanya ingin ke sini memastikan bahwa program untuk urusan garam ini sudah di mulai karena kita tahu bahwa impor garam kita itu 3,7 juta ton yang bisa di produksi dalam negeri baru 1,1 juta ton jadi masih jauh sekali. Saya berterima kasih kepada Gubernur NTT yang sudah betul-betul sangat serius mencari investornya,” tutur Jokowi. (lya)

Baca Juga :  90 Petugas Lapas Kelas IIA Kupang Negatif Narkotika

Comments

comments