Karang Taruna Kelurahan Airmata Juara

0
268

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Karang Taruna Trikora Kelurahan Air Mata, Kecamatan Kota Lama keluar sebagai juara pertama dalam bidang karang taruna berprestasi. Sementara pada posisi kedua ada Karang Taruna Koinonia, Kelurahan Kuanino, Kecamatan Kota Raja, dan Juara Ketiga diraih oleh Karang Taruna Gerbang Madia, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima.

Demikian dikatakan Kabid kesejahteraan sosial, Noldy Lololoa, Kamis (26/9/2019) di halaman Mesjid Al Baitul Qadim Airmata. Ia mengatakan adapun kegiatan dalam rangka bulan bakti karang taruna Kota Kupang tahun 2019 yaitu aksi kebersihan yang dilaksanakan oleh karang taruna tingkat kota Kupang dan karang taruna Trikora Airmata serta warga masyarakat Kota Kupang dan warga masyarakat Airmata bersama-bersama pegawai dinas sosial Kota Kupang melaksanakan kerja bakti disepanjang jalan Trikora Kelurahan Airmata.

Sebelum kegiatan bulan bakti ini dilaksanakan, menurut Noldy, pihaknya telah melaksanakan kegiatan penilaian karang taruna berprestasi tingkat Kota Kupang yang telah didahului oleh penilaian tingkat kecamatan tahun 2019 dan panitia telah menetapkan tiga karang taruna berprestasi.

Baca Juga :  Julie Laiskodat Perkuat Promosi Kain Tenun NTT

“Juara satu karang taruna Trikora Kelurahan Airmata Kecamatan Kota Lama dengan hadiah Rp 5.500.000 bersama piala dan sertifikat, juara kedua karang taruna Koinonia, Kelurahan Kuanino, Kecamatan Kota Raja dengan hadiah Rp 5.000.000 bersama piala dan sertifikat, serta juara ketiga karang taruna Gerbang Madia, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima dengan hadiah Rp 4.500.000 beserta piala dan sertifikat dan hadiahnya sudah diserahkan pada acara HUT Kota Kupang,” katanya.

Sementara itu Ketua Karang taruna Trikora, Usman Wuskero menegaskan, organisasi sosial karang taruna sebagai wadah perbincangan dan pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa atau kelurahan,” urainya.

Ditegaskannya, sebagaimana tercantum dalam peraturan Menteri Sosial Ri No 83/HUK/2005 dengan tujuannya yaitu terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda untuk mencapai sasaran tersebut.

“Tugas pokok karang taruna adalah bersama-sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda,” ungkapnya.

Baca Juga :  Antisipasi Lonjakan ODP Covid-19, Gubernur Pantau Kesiapan Klinik Pratama Undana Kupang

Menurutnya, saat ini Kota Kupang tengah menuju semangat perubahan yang besar dengan semangat ayo berubah menuju smart city atau Kota Cerdas. Dimana ayo berubah bermakna ajakan untuk bergerak secara kolaboratif, inovatif, cepat, tepat dan efisien dalam ciri kota modern. Karena itu, pemuda karang taruna Kota Kupang dalam hal ini juga telah bergerak melakukan berbagai upaya perubahan khususnya di kelurahan masing-masing dalam hal pembangunan misalnya dengan memanfaatkan dana operasional karang taruna yang efisien banyak anak muda Kota Kupang yang berani mengambil resiko dalam mengembangkan ekonomi produktif saat ini, sebagaimana yang tampak dengan makin menjamurnya usaha-usaha ekonomi kreatif dan bahkan merambah ke usaha jasa online begitu dalam bidang sosial kemasyarakatan.

“Terbina sikap toleransi dan saling menghargai diantara sesama pemeluk agama khususnya para pemuda yang semakin hari semakin meningkat. Hal ini terbukti dengan ditetapkan Kota Kupang menjadi Kota dengan toleransi tertinggi di Indonesia. hal yang sama yang saat ini juga tengah dijalankan khususnya oleh pemuda karang taruna Airmata berbagai kegiatan positif juga telah banyak dilakukan menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat dengan rutin mengadakan pembersihan lingkungan, menjaga keberagaman dengan berbagai etis pemuda dan berbagai kegiatan pengembangan diri yang saat ini dijalankan khususnya di bidang olahraga,seni dan kreatifitas lainnya,” katanya

Baca Juga :  Linmas di Kota Kupang Ikut Pendidikan dan Pelatihan

Harapannya selaku orang muda kepada pemerintah Kota Kupang agar kedepan dapat terus memberdayakan dan mengembangkan serta mengoptimalkan potensi pemuda serta dapat meningkatkan pembenahannya infrastruktur yang dapat mendukung fasilitas sehingga di jadikan ajano berkreasi dan berekspresi setiap anak muda kota Kupang.(lya/E3)

Comments

comments