Kebutuhan Air Bersih Masih Menjadi Masalah Serius

0
60

Kupang — Kebutuhan akan air bersih di Kota Kupang merupakan sebuah masalah yang cukup serius ditambah dengan iklim yang mengalami kemarau panjang menyebabkan kebutuhan akan air bersih sangat tinggi.

“PDAM kota kupang sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah kota kupang sudah berupaya optimal memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, namum dalam pelayan PDAM Kota Kupang juga mengalami kendala dan persoalan baik teknis maupun non teknis,” demikian dikatakan Pj. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lontar Bening Kota Kupang, Marianus Seran, Selasa (20/8) di Neo Aston.

Menurutnya, sesuai data BPJS Kota Kupang, jumlah penduduk kota kupang pada tahun 2018 sebanyak 423.900 jiwa.
Sementara itu tingkat kebutuhan akan air bersih sekitar 25 juta kubik dan pemakaian domestiknya sekitar 18 juta kubik pertahun sedangkan total produksi PDAM Kota Kupang di tahun 2018, 146,6 liter perdetik yang terdiri dari debiter produksi yang di kelola oleh PDAM Kota Kupang sendiri 71,6 liter perdetik dan 75 liter perdetik air curah dari Badan Layanan Umum Daerah – Sistem Penyediaan Air Minum (BLUD SPAM) NTT.

Baca Juga :  Wagub : Pertanian Hebat, Masyarakat Sejahtera

Dirinya meminta Pemerintah Kota Kupang sebagai pemangku kebijakan agar menentukan berbagai referensi untuk mengambil sebuah kebijakan dari data yang ada. Menurutnya, harus ada solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan kebutuhan air bersih di Kota Kupang.

“Pemerintah Kota Kupang sebagai pengambil kebijakan menentukan berbagai referensi untuk menentukan kebijakan yang tepat dari data tersebut di atas. Untuk pemenuhan akan air bersih bagi masyarakat kota kupang 17,24 persen sehingga masih ada jarak yang cukup jauh antara kebutuhan air bersih dan debit produksi dari PDAM Kota Kupang,” pintanya. (lya)

Comments

comments