Kekurangan Blanko KTP-El, Dispendukcapil Kota Kupang Terbitkan Ribuan Suket

0
122

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang sampai dengan saat ini masih kekurangan blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El). Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, Dispendukcapil Kota Kupang terus menerbitkan surat keterangan (Suket) pengganti KTP-El bagi masyarakat yang membutuhkan. Jumlahnya hingga saat ini sudah mencapai 17.091 Suket yang dikeluarkan.

Demikian dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang, Agus Ririmase, Selasa, (3/12/2019). Ia mengatakan Suket yang di terbitkan sebagai pengganti sementara bagi warga yang belum memiliki e-KTP.

“Suket yang di terbitkan, keabsahan dan fungsinya sama seperti e-KTP karena tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan semua data diri yang sama persis tercantum dalam e-KTP, sehingga dapat di pergunakan sebagai dokumen diri yang sah, “tegasnya.

Ia menjelaskan perbedaan suket dan e-KTP hanya pada fisik yakni berupa lembaran kertas dan kartu.

“Fungsi dan keabsahan data yang tercantum dalam suket sama seperti
e-KTP, perbedaaannya hanya pada fisik saja, yang satu berupa lembaran
kertas yang satu tercetak pada kartu, “ungkapnya.

Baca Juga :  Pemuda Pancasila Wilayah NTT Tetap Menjamin Keutuhan Pancasila

Menurut, suket yang di keluarkan oleh Disdukcapil menjadi dokumen diri
sementara yang sah sebagai pengganti e-KTP dengan masa berlaku hanya
selama enam bulan terhitung sejak tanggal di keluarkan suket tersebut.

“Dari bulan Januari sampai dengan tanggal 02/12/2019 total Suket 17091 dengan rincian laki-laki sebanyak 8606 dan perempuan sebanyak 8485 suket, “tegasnya.(lya)

Comments

comments