Kementerian PK Kembangkan Literasi Bahasa Publik

0
80

Kupang — Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (PK) dan Kantor Bahasa NTT menyelenggarakan Penyuluhan Penggunaan Bahasa Bagi Publik di Kota Kupang, Senin (12/8/2019) di Hotel neo Aston.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Bahasa NTT Valentina Lovina Tanate mengatakan penyuluhan ini ditujukan bagi pejabat OPD, para tenaga pendidik dan jurnalis se-kota Kupang, terkait penggunaan bahasa Indonesia yang benar dalam lingkup ruang publik baik secara lisan maupun tertulis, formal dan non formal baik di lingkup pemerintahan, lingkungan pendidikan, lingkup media masa dan kehidupan sehari-hari.

“Penggunaan bahasa Indonesia di lingkup pemerintahaan sebagai bahasa komunikasi dalam pelayanan publik, didunia pendidikan sebagai bahasa pengantar dalam lingkup pendidikan dan didunia media masa sebagai bentuk penyampaian informasi media yang baik dan benar,” tuturnya.

Menurutnya sebagai jurnalis terbiasalah menulis berita menggunakan bahasa Indonesia yang benar, maka masyarakat akan diajar dan didorong ikut menggunakan bahasa Indonesia yang benar juga. Begitu pun dengan dunia pendidikan jika selalu menggunakan bahasa Indonesia yang benar, maka siswa akan terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang benar.

Baca Juga :  Ini Enam Rekomendasi Hasil Analisa Persoalan Anak di NTT

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan M. Abdul Khak menjelaskan tentang pentingnya penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam seluruh kegiatan literasi baik secara lisan dan tulisan, formal dan non formal. Disamping tetap memelihara bahasa daerah sebagai ciri Kebhinekaan kita sebagai bangsa Indonesia yang beraneka ragam. (lya)

Comments

comments